Beranda Info Kesehatan Ups, Banyak Wanita Tak Sadar Terkena Serangan Jantung

Ups, Banyak Wanita Tak Sadar Terkena Serangan Jantung

0
0
BERBAGI
Ups, Banyak Wanita Tak Sadar Terkena Serangan Jantung

Terurai.comBanyak Wanita Tak Sadar Terkena Serangan Jantung – Penyakit pembunuh nomor satu didunia, penyakit jantung memang dikenal sangat ganas. Tak memandang siapa dan apa saja profesi seseorang baik wanita maupun pria bisa saja terkena penyakit mematikan ini. Dan tentunya, kita semua berharap agar bisa terbebas dan terhindar dari penyakit jantung ini. Selain pengobatannya yang sulit, biaya yang dibutuhkan untuk mengobati penyakit ini pun tidaklah sedikit. Itu sebabnya, selagi kita sehat ada baiknya kita memperhatikan kesehatan jantung kita sejak dini.

Terutama Anda para kaum wanita, sebab menurut para ahli dari Norwegia, kaum wanita ternyata lebih sering tak sadar terkena serangan jantung dibandingkan pria. Selain karena gejalanya yang tidak khas, wanita dinilai memiliki toleransi terhadap rasa sakit yang lebih tinggi daripada pria, seperti dilansir dari laman Kompas.com.

Rasa nyeri yang dirasa tidak terlalu menyakitkan atau mengkhawatirkan bagi para wanita, sehingga serangan jantung pun kerap kali diabaikan. Para peneliti khawatir, sebenarnya selama ini banyak sekali serangan jantung pada wanita yang tidak terungkap. Dr. Andrea Ohrn, dari University of Tromso di Norwegia mengatakan, wanita pun memungkinkan terkena serangan jantung yang tak menunjukkan gejala.

Baru-baru ini, sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa orang-orang yang lebih bisa menahan rasa sakit, cenderung terkena serangan jantung yang tidak bergejala. Dokter pun bisa saja salah diagonis bila hanya menanyakan gejala yang dirasakan wanita. Menurut peneliti, serangan jantung tak harus langsung nyeri di bagian dada. Bisa dimulai dari rasa mual, kemudian nyeri di dada, rahang, hingga ke bagian lengan. Bahkan pada wanita, gejala serangan jantung terkadang mirip dengan flu dan gejalanya.

Risikonya, wanita yang terkena serangan jantung memang lebih rendang dibandingkan kaum pria. Namun, ketika wanita sudah menopause, risikonya hampir sama. Apabila terkena serangan jantung, kematian pada wanita bahkan bisa lebih tinggi dibandingkan pria. Seperti disampaikan oleh Dr Mike Knapton dari British Heart Foundation, wanita lebih sering mengabaikan gejala dan menunda mendapatkan pertolongan segera karena menganggap risiko terkena serangan jantung cukup rendang dan mendapat tipe serangan yang tidak bergejala.

Bagi Anda semua dan khususnya kaum wanita, sudah saatnya kita semua mulai merubah pola dan gaya hidup kita. Dan untuk menurunkan risiko terkena serangan jantung, mulailah hidup sehat sesegera mungkin, hindari merokok, rajin olahraga, batasi asupan gula dan lemak, dan turunkan berat badan jika Anda memiliki berat badan berlebih.

Sumber : 1 & 2