Mengenal 5 Jenis Panca Indra, Pengertian dan Fungsinya

Mengenal 5 Jenis Panca Indra, Pengertian dan Fungsinya

Mari mengenal 5 jenis panca indra, pengertian dan fungsinya yang mungkin saat ini kalian sedang membutuhkan informasi seputar penglihatan, pendengaran, dan peraba. Dalam ilmu anatomi, panca indra adalah organ akhir yang memiliki fungsi khusus menerima berbagai jenis rangsangan tertentu.

Rangsangan ini kemudian dihantarkan oleh sistem saraf sensoris dari berbagai organ indra menuju otak untuk ditafsirkan dan direspon. Rangsangan atau stimulus pada saraf sensoris diterima oleh reseptor khusus sesuai dengan jenis rangsangannya.

Reseptor sensori merupakan sel yang dapat menerima informasi kondisi dalam dan luar tubuh untuk dapat direspon oleh saraf pusat. Impuls listrik yang dihantarkan oleh saraf akan diterjemahkan menjadi sensasi. Sensasi dibagi atas sensasi umum dan sensasi khusus.

Mengenal 5 Jenis Panca Indra, Pengertian dan Fungsinya

Yang termasuk sensasi umum adalah suhu, nyeri, sentuhan, tekanan, getaran dan proprioreseptor (reseptor yang ada pada tubuh bagian dalam seperti otot, tendon, persendian, dll). Reseptor sensori umum ini tersebar pada seluruh tubuh.

Sedangkan sensasi khusus misalnya sensasi bau, kulit, rasa, keseimbangan dan pendengaran. Reseptor sensori khusus berada di lokasi pada organ khusus seperti penglihatan dan pendengaran dan berfungsi melindungi jaringan sekitar.

Berdasarkan sumber lokasi sensasi, reseptor dibagi atas eksteroseptor, proprioseptor, dan interoseptor. Eksteroseptor merupakan reseptor yang sangat sensitive terhadap sensasi eksternal tubuh dan terletak pada dekat permukaan tubuh seperti sensasi sentuhan, tekanan, nyeri, penciuman, penglihatan maupun pendengaran.

Proprioseptor terletak pada tubuh dalam, otot, tendon, persendian, telinga bagian dalam untuk keseimbangan. Sedangkan interoseptor merupakan reseptor yang berada pada organ tubuh bagian dalam dan pembuluh darah. Untuk mendeteksi adanya stimulus, reseptor mempunyai karakteristik khusus yang sensitif terhadap stimulus tertentu. Misalnya mekanoreseptor yang sensitif terhadap regangan, vibrasi, pendengaran, tekanan darah, termoreseptor yang sensitif terhadap perubahan suhu, nosiseptor sensitif terhadap kerusakan jaringan, dan kemoreseptor yang sensitif terhadap perubahan kimia.

Macam-Macam Panda Indra

Alat atau panca indra adalah alat untuk mengenal dunia sekitar. Manusia diberi 5 anugerah alat indra yang wajib disyukuri. Sebab, berkat 5 alat tersebut kita dapat disebut sebagai makhluk hidup didunia yang lebih sempurna dibandingkan ciptaaan Tuhan lainnya. Kelima panca indra tersebut yaitu:

a. Mata. Sebagai indera penglihatan

b. Telinga. Sebagai indera pendengaran

c. Hidung. Sebagai alat untuk pembau atau penciuman

d. Lidah. Sebagai indra pengecap (perasa)

e. Kulit. Sebagai indera peraba

1. Indera Penglihatan

Mata adalah indera penglihat. Mata terdiri dari bagian-bagian penting, yakni kornea, iris, lensa, badan bening, retina, dan saraf mata. Kornea mata berfungsi meneruskan cahaya yang masuk ke dalam mata. Cahaya itu akan berakhir pada selaput jala atau retina.

Mengenal 5 Jenis Panca Indra, Pengertian dan Fungsinya

Iris mata terletak dibagian belakang korena. Ditengah selaput pelangi atau iris terdapat celah disebut anak mata atau pupil. Fungsinya adalah untuk mengatur banyaknya cahaya yang masuk kedalam mata. Lensa, fungsinya untuk memfokuskan agar cahaya yang masuk ke mata jatuh tepat pada retina. Sehingga benda yang terlihat semakin jelas.

Simak selengkapnya penjelasan Indra penglihatan (mata) disini…

2. Indera Pendengaran (Telinga)

Telinga adalah indera yang fungsinya sebagai alat dengar. Telinga terdiri dari tiga bagian yaitu telinga luar, tengah dan dalam.

Fungsi Indra Pengengaran (Telinga)

Telinga luar terdiri dari daun telinga, lubang telinga, dan saluran telinga luar. Telinga luar berguna untuk menangkap getaran suara yang masuk. Sedangkan telinga tengah terdiri dari selaput pendengaran, tulang-tulang pendengaran, dan saluran eustachius.

Tulang pendengaran terdiri dari tulang martil, landasan, dan sangurdi. Bila terdapat bunyi masuk, gendang telinga dan tulang-tulang pendengaran akan bergetar. Telinga dalam terdiri dari bagian yang disebut tingkap jorong dan rumat siput. Telingan dalam berguna untuk meneruskan rangsang suara ke otak.

Simak penjelasan detail indra pendengaran atau telinga disini…

3. Indra Pencium (Hidung)

Fungsi indra pencium atau pembau (hidung)

Fungsi indra ini adalah sebagai alat bantu penciuman. Didalam hidung terdapat saraf pembau. Rangsang bau yang diterima hidung akan diteruskan ke otak. Ketidakmampuan indera pembau untuk mencium bau dinamakan anosmia. Bagian-bagian hidung:

  • Rambut halus penyaring udara
  • Rambut halus yang peka terhadap bau
  • Kumpulan ujung saraf pembau
  • Serat saraf untuk mengirim rangsang bau ke otak

 

4. Indera Pengecap (Lidah)

Fungsi Indra Pengecap (Lidah)

Lidah letaknya ada didalam mulut. Lidah fungsinya sebagai alat pencecap. Saraf pencecap terdapat pada bintil-bintil lidah. Bintil-bintil ini disebut juga dengan nama papila. Lidah mempunya bagian-bagian yang sangat peka terhadap rasa tertentu, yakni:

  • Ujung lidah peka terhadap rasa manis
  • Samping lidah peka terhadap rasa asin dan asam
  • Pangkal lidah peka terhadap rasa pahit

5. Indra Peraba atau Kulit

Fungsi Indra Peraba (Kulit)

Alat atau panca indera terakhir adalah kulit. Didalam kulit terdapat ujung-ujung saraf peraba. Tak semua permukaan kulit adalah alat peraba yang fungsinya sama pekanya. Bagian kulit yang paling peka merespon rabaan adalah ujung jari dan bibir. Kulit dapat membedakan kasar, halus, panas, dingin, dan sakit.

Simak selengkapnya penjelasan Indra Peraba atau Kulit disini….

Fungsi Panca Indra

Indra, indera atau indria adalah alat penghubung atau kontak antara jiwa dalam wujud kesadaran rohani diri dengan material yang berada di sekitar lingkungan. Dalam sebuah ajaran kitab Hindu indria ada sebelas macam dan disebut dengan eka dasa indriya.

Lima macam indra memiliki fungsi sebagai alat sensor dalam bahasa sanskerta disebut juga panca budi indriya dan dalam bahasa Indonesia lebih dikenal sebagai panca indra, yakni alat pembantu untuk melihat, mengecap, membau atau mencium, mendengar, dan merasakan.

Lima jenis lagi disebut panca budi indria yang berguna untuk alat gerak seperti tangan untuk mengambil, kaki untuk berjalan, anus untuk membuang air, mulut sampai hidung untuk bernafas dan makan, alat kelamin untuk menikmati hubungan kelamin demikian seperti dikutip dari Wikipedia.

Demikian informasi tentang macam-macam panca indra dan fungsinya yang dapat kami bagikan untuk Anda, semoga berguna dan dapat menambah wawasan bagi kita semua.

Advertisements
Loading...