Tanaman Herbal Berkhasiat Obat Untuk Penderita Kolesterol (Cara Membuat)

Artikel ini membahas penyebab kolesterol meningkat, tanaman obat herbal untuk menurunkan kolesterol disertai cara membuatnya.

Cara Membuat Obat Herbal Penurun Kolesterol. Kolesterol adalah lemak didalam tubuh manusia yang berwarna kekuningan dan berbentuk seperti lilin. Kolesterol diproduksi oleh tubuh terutama di lever atau hati.

Fungsi kolesterol untuk tubuh diantaranya:

  • Hormon s#ks yang sangat penting bagi perkembangan dan fungsi organ s#ksual.
  • Hormon kortesk adrenal (hormon yang dihasilkan bagian luar anak ginjal) yang penting untuk metabolisme dan keseimbangan garam dalam tubuh
  • Vitamin D yang berguna untuk menyerap kalsium bagi tubuh
  • Garam empedu yang membantu usus menyerap lemak di dalam tubuh

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah menjadi salah satu indikator adanya penyakit jantung koroner. Orang yang berkadar kolesterol 200-400 mg% di dalam darahnya berisiko terkena jantung koroner 2 kali lebih besar dan meningkat sampai 4 kali bila mencapai 300 mg%.

Penyebab Kolesterol Naik

Jumlah normal kolesterol dalam darah adalah 170-200 mg%. Peningkatan kadar kolesterol dalah darah disebabkan oleh konsumsi lemak jenuh yang berlebihan, sedangkan pengkonsumsian lemak tak jenuh yang terdapat dalam minyak nabati, seperti minyak jagung dan minyak kedelai lebih relatif sedikit.

Salah satu cara menurunkan kadar kolesterol dalam darah adalah mengurangi konsumsi lemak hewani atau makanan yang lain yang mengandung kolesterol seperti otak babi (2984 mg), otak sapi (2329 mg), telur ayam (830 mg), hati ayam (716 mg), daging kalkun (710 mg), telur burung puyuh (619 mg), hati sapi (547 mg), daging babi (403 mg), daging bebek (320 mg), lemak babi (215 mg), udang (202 mg), kepiting (135 mg), dan ikan sotong (127 mg).

Penebalan dinding pembuluh nadi terjadi karena endapan lemak pada lapisan dalam dinding pembuluh nadi. Endapan lemak ini akan diselimuti jaringan ikat fibrosa. Jika pengendapan lemak ini terjadi pada pembuluh darah koroner, aliran darah ke jantung berkurang sehingga menyebabkan penyakit jantung.

Penebalan dinding pembuluh nadi dapat pula merusak pembuluh nadi utama pada tungkai dan menyerang otak sehingga mengakibatkan stroke. Arteriosclerosis (pengerasan pembuluh nadi) juga sering ditemukan pada orang dewasa di atas usia 40 tahun yang memiliki gaya hidup kota yang modern.

Cara dan Obat Herbal untuk Menurunkan Kolesterol

Adapun yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh adalah jamur lince, jamur hioko, kacang cuka, wortel, ginkgo biloba, kiwi, apel, rumput laut, jamur kuping hitam, daun ceremai, terung ungu, jamur putih kering, bawang putih, kembang tahu, tahu, tempe, dan kedelai.

Cara Mengendalikan Kolesterol Agar Tidak Berlebihan

Selain dengan rutin mengonsumsi obat herbal baik yang sudah dalam bentuk pil atau kapsul, ramuan atau obat herbal buatan sendiri, cara yang tepat untuk membantu menurunkan atau menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh adalah dengan cara rutin berolahraga serta membiasakan hidup sehat.

Sebab, salah satu yang paling besar menjadi penyebab meningkatnya kadar kolesterol tubuh adalah karena kebiasaan hidup modern yakni banyak mengonsumsi makan cepat saji serta daging. Berikut ini cara untuk menurunkan kolesterol tubuh:

  1. Mengurangi makan kuning telur 2 butir perminggu
  2. Mengganti kebiasaan minum susu full cream dengan susu skim atau susu kedelai
  3. Mengurangi jumlah lemak jenuh seperti minyak sayur dan margarine
  4. Mengurangi makanan yang mengandung kolesterol
  5. Membentuk pola makan sehari-hari yang sehat dan seimbang dengan meningkatkan konsumsi serat
  6. Mengurangi berat badan yang berlebihan
  7. Mengurangi jumlah kalori dalam menu makanan
  8. Berhenti merokok
  9. Berolahraga setiap hari

Tanaman Herbal Berkhasiat Menurunkan Kadar Kolesterol

Anda juga bisa mencoba cara untuk menurunkan kolesterol tubuh dengan rutin mengonsumsi ramuan atau obat herbal. Saat ini sudah banyak dijajakan obat herbal yang terbukti manjur dalam membantu menurunkan kolesterol. Meski demikian, untuk bisa mendapatkan obat yang ampuh, Anda harus merogoh kocek yang mungkin sedikit dalam. Walaupun juga banyak obat yang mempunyai khasiat sama walau harganya jauh lebih murah. Tapi ada baiknya, Anda berkonsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi obat yang mungkin menurut Anda masih diragukan khasiatnya.

Selain membeli, Anda juga bisa membuat obat herbal yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol sendiri dirumah. Bahan atau tanaman yang dibutuhkan telah tertera disertai cara membuatnya dibawah ini:

  • Rebus 30 gram jamur lince dengan 600 cc air hingga bersisa 300 cc, kemudian minum airnya.
  • Rumput laut hai tai dan rumput laut che chai masing-masing 30 gram di masak menjadi tumisan
  • Masak 10 butir kacang cuka di campur dengan bahan-bahan lain sesuai selera
  • Minum jus wortel, kiwi, dan apel
  • 5-7 biji ginkgo biloba dimasak dan dimakan setiap hari
  • Buat sop jamur kuping hitam, kentang dan wortel
  • 5 tangkai daun ceremai dan 10 lembar daun jambu biji/klutuk digodok dengan air secukupnya. Lalu minum setiap hari
  • Terung ungu, tauco, dan bahan-bahan lain ditumi dengan menggunakan minyak goreng non-kolesterol
  • 25 gram jamut putih kering direndam dalam air gula batu, lalu dimasak hingga matang dan dimakan
  • 10 gram jamur hioko digodok dengan 400 cc, kemudian diminum
  • 60-100 gram kulit kacang tanah segar direbus dengan 1 1/2 liter air hingga tersisa setengahnya. Airnya diminum 1-2 kali sehari
  • 100 gram bawang putih dimasak tumisan atau masakan lain, lalu dimakan

Demikian informasi tentang obat herbal yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol disertai cara membuatnya yang dapat diterapkan sendiri dirumah. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan untuk Anda mengenai penyebab dan cara menurunkan kolesterol.

Advertisements
Loading...