Cara Mengobati Batu Ginjal Secara Alami dengan Obat Herbal

Cara Mengobati Batu Ginjal Secara Alami dengan Obat Herbal

Cara alami mengobati batu ginjal. Ginjal termasuk organ tubuh yang sangat vital. Panjang ginjal 11-13 cm, lebar 5-7.5 cm, tebal 2.5 cm, dan berat 115-170 gram. Tugas utamanya membaung zat yang tidak berguna dan bersifat racun dari dalam tubuh melalui air seni.

Setiap hari ginjal bekerja menyaring dan membersihkan sekitar 1.700 liter darah dan menghasilkan sekitar 1.5 urine. Tugas ginjal lainnya adalah menjaga keseimbangan garam, asam basa, kandungan air dalam tubuh, mengatur tekanan darah, dan mengatur produksi sel darah merah di sumsum tulang.

Ginjal juga berfungsi mengubah provitamin D pada kulit menjadi vitamin D aktif dan sebagai tempat perombakan hormon seperti insulin yang berfungsi mengatur metabolisme karbohidrat dan glukagon untuk penguraian glikogen. Ginjal pun aktif dalam kegiatan hormonal dan metabolisme dalam mempertahankan keadaan internal yang konstan bagi sel tubuh.

Berbagai penyakit dapat mengenai ginjal, seperti infeksi karena batu ginjal, radang ginjal, penyakit imunologi, keracunan, asam urat, dan kanker. Ginjal yang timbul bila ginjal terganggu adalah volume kencing per hari meningkat melebihi .500 ml atau perut kembung, sakit pinggang, dan lain-lain.

Terbentuknya batu ginjal ditandai dengan meningkatnya berbagai jenis garam dalam urine. Garam-garam tersebut mengendap di ginjal dan membentuk batu yang semakin lama semakin membesar. Penderita batu ginjal biasanya tidak mengalami keluhan atau gejala lain. Rasa nyeri di daerah pinggang timbul bila batu bergeser dari piala ginjal ke bawah.

Rasa nyeri tersebut di sebabkan perenggangan dinding, bahkan penyumbatan saluran yang menghubungkan saluran pila ginjal dan kandung kemih. Rasa nyeri berpindah dan merambat ke daerah pangkal paha bila batu mencapai bagian bawah saluran ureter dan biasanya disertai keluarnya darah bersama air seni.

Bagi orang yang berisiko tinggi terhadap penyakit batu ginjal, dianjurkan minuman air putih sekitar 3 liter air per hari dan menjaga makanan. Dengan cara ini, garam-garam dalam urine tidak dapat mencapai taraf yang memungkinkan terjadinya endapan, sedangkan reaksi kimia dari urine di pengaruhi oleh makanan sehari-hari.

Infeksi Ginjal

Penyakit infeksi ginjal terjadi karena adanya kuman dalam air senin. Kuman tersebut dari luka pada dinding saluran ginjal dan kandung kemih karena adanya pergeseran batu ginjal. Gejala infeksi ginjal adalah sakil kepala, lemah, mual, menggigil, muntah, demam, dan nyeri pada pinggang. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai infeksi ini, dapat dilakukan pemeriksaan darah atau air seni di labolatorium.

Radang Ginjal

Radang ginjal disebabkan oleh peradangan dan kerusakan alat penyaring darah serta kapiler ginjal. Akibat gangguan pada alat penyaring darah, sel darah dan zat putih telur keluar dan masuk ke dalam air seni, sehingga pada penderita radang ginjal juga sering ditemukan banyak sel darah putih dalam air seninya.

Gejala radang ginjal akut adalah lemah, lelah, mual, kurang nafsu makan, muntah, volume air seni menurun, dan air seni mengandung sel darah serta protein. Jika dibiarkan, penyakit ini dapat mengakibatkan kegagalan fungsi ginjal. Penderita ginjal kronis tidak menunjukkan gejala, tetapi secara perlahan-lahan penyakit tersebut menggerogoti ginjal.

Semua jenis penyakit ginjal merupakan penyakit yang serius. Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Cara Mengobati Batu Ginjal

  1. Siapkan 30-60 gram daun sendok yang segar direbus dengan 500 cc air hingga menjadi 250 cc. Air rebusannya diminum 3 kali sehari.
  2. 6 buah tongkol jagung dicuci bersih, kemudian direbus dengan 5 gelas air hingga menjadi 2 setengah gelas. Setelah dingin, disaring dan diminum 3 kali sehari sebanyak 3/4 gelas.
  3. Rambut jagung secukupnya digodok sampai mengental. kemudian disaring dan airnya diminum.
  4. Daun keji beling dan daun tempuyung masing-masing 5 lembar dan 6 buah tongol jagung direbus dengan 5 gelas air hingga tersisa 2 setengah gelas. Minum 3 kali sehari.
  5. Sediakan seluruh bagian tanaman kumis kucing yang masih segar sebanyak 30 gram dan seluruh bagian tanaman meniran yang masih segar 30 gram. Cuci sampai bersih semua bahan, kemudian rebus dengan air secukupnya, minum2 kali sehari.
  6. Kulit labu bligo, meniran, sambiloto, dan daun sendok masing-masing yang masih segar sebanyak 30 gram dicuci bersih. Rebus semua bahan dengan air secukupnya. Minum 2 kali sehari
  7. 15 gram akar kembang pukul empat yang kering atau 30 gram yang segar di godok dengan air secukupnya, lalu minum.
  8. 1 sendok makan bubuk daun kumis kucing dan 7 batang berikut akar meniran segar direbus dengan 600 cc air hingga menjadi 300 cc. Minum 3 kali
  9. Sediakan5 lembar daun tempuyung segar, 6 buah jagung muda, dan 3 gr gula enau. Semua bahan di potong-potong seperlunya dan digodok dengan 3 gelas air hingga menjadi 1 setengah gelas. Minum 3/4 gelas.
  10. 100 gram akar alang-alang direbus dengan air secukupnya lalu minum 2 kali sehari.

Cara Mengatasi Infeksi Ginjal

  1. 30 gram bunga matahari direbus dengan air sebanyak 500 cc hingga tersisa 250 cc. Minumlah airnya
  2. 30 gram rambut jagung di godok dengan air hingga mengental, kemudian disaring dan diminum airnya
  3. 10-15 gram batang brotowali yang sudah dipotong-potong, 15 gram daun kumis kucing kering yang sudah di cuci bersih direbus dengan 3 gelas air hingga menjadi 2 gelas. Minum 2 kali sehari sebanyak 1 gelas sesudah makan
  4. 30 gram daun sambiloto yang segar atau 15 gram yang kering digodok dengan air sebanyak 600 cc hingga menjadi 300 cc. Minum 2 kali sehari.
  5. 100 gram akar alang-alang digodok dengan air secukupnya. Lalu minum 2 kali sehari
  6. Rebus 15 gram keji beling kering atau 30 gram yang masih segar dan 7 batang meniran berikut akarnya dengan 2 gelas air hingga menjadi 1 gelas. Minum 3 kali sehari.
  7. Rebus 30 gram daun meniran segar dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, dan tambahkan madu secukupnya. Minum 3 kali sehari
  8. 15 gram daun sendok kering atau 30 gram daun sendok segar direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Minum 2 kali sehari

Demikian artikel tentang cara mengobati batu ginjal dan obat herbal infeksi batu ginjal yang dapat dibuat sendiri dirumah. Semoga bermanfaat!

Advertisements
Loading...