Connect with us

10 Manfaat Kacang Polong untuk Kesehatan Disertai Efek Sampingnya

10 Manfaat Kacang Polong untuk Kesehatan Disertai Efek Sampingnya

Sayuran

10 Manfaat Kacang Polong untuk Kesehatan Disertai Efek Sampingnya

Manfaat Kacang Polong untuk kesehatan dan efek sampingnya yang harus kamu ketahui sebelum mengonsumsi kacang polong, terutama jika dikonsumsi secara berlebih. Belakangan, kita memang banyak menemukan berbagai jenis camilan yang dijajakan di supermarket terbuat dari kacang-kacangan, ada kacang tanah, kacang hijau, serta kacang polong dengan berbagai kemasan dan rasa yang sangat menggoda.

Kacang polong disebut juga dengan ercis, atau kacang ercis. Tumbuhan yang memiliki ciri warna hijau ini mengandung protein dan karbohidrat yang cukup tinggi sehingga dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Kandungan kacang ercis juga diketahui tinggi dengan energi, kalsium, vitamin K, tembaga, zat besi, magnesium, mangan, seng, karoten dan vitamin E. Simak selengkapnya mengenai kandungan gizi kacang polong dibawah ini:

#Kandungan Kacang Polong

Nah, sebelum berbicara jauh mengenai manfaat kacang polong ini, memang tidak ada salahnya kamu mengetahui lebih detail kandungan gizi yang ada didalam sayuran jenis polong-polongan atau fabaceae ini. Dilansir dari berbagai sumber, ercis, kacang ercis, kacang polong memiliki kandungan karbohidrat, protein, lemak, kolesterol, serat, folat, niacin, asam pantotenat, pyridoxine, riboflavin, thiamin, vitamin A, vitamin C, vitamin E, Vitamin K, kalium, kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, selenium, seng, karoten B dan lutein zeaxanthin.

#Nutrisi Dalam Kacang Polong

Manfaat kacang polong tentu tidak terlepas dari dua kandungan didalamnya, yakni gizi dan juga nutrisi yang tersimpan didalam biji berwarna hijau ini. Dari beberapa sumber disebutkan bahwa kacang polong memiliki kalsium yang sangat tinggi, bahkan jumlahnya jauh lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Bahkan, saat ini juga sudah tersedia jenis susu yang terbuat dari kacang polong dan tidak menggunakan susu sapi atau susu kambing pada umumnya.

Manfaat Kacang Polong

Kacang polong dan manfaat serta efek sampingnya dapat kamu ketahui melalui informasi dibawah ini. Secara detail informasi manfaat tumbuhan palawija ini akan kita kupas satu persatu. Simak selengkapnya dibawah ini.

#1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Dari penelitian yang dilakukan belakangan ini, beberapa peneliti berhasil menemukan penurunan low density lipoprotein (LDL) kolesterol jahat sebesar 5 persen. Hal ini berkat kandungan omega 3 pada kacang polong yang berfungsi untuk menurunkan kada kolesterol atau lemak jahat pada tubuh. Diketahui bahwa omega 3 adalah lemak tak jenuh yang dibutuhkan untuk mentralisir kelebihan lemak jenuh sebagai penyebab kolesterol.

Dengan mengonsumsi kacang polong, buncis, kacang tanah kamu tidak mengurangi berat badanmu sendiri, tetapi kamu juga sudah berusaha membuat berat badannya tetap ideal meski sedikit ngemil atau makan. Selain itu, kandungan vitamin V, zat besi, potasium, dan magnesium juga dapat mengurangi biaya anggaranmu.

Dalam penelitian lain disebutkan juga bahwa dengan makan kacang ercis atau polong, serta jenis kacang lainnya termasuk buncis dapat membantu mengurangi atau menurunkan berat badan serta memungkinkan seseorang untuk mempertahankan berat badan idealnya. Mengonsumsi kacang-kacangan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama dan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

#2. Meremajakan Kulit

Dilansir dari laman Boldsky.com, kacang polong mengandung protein dan serat rendah karbohidrat. Dengan mengonsumsi kacang polong sangat bagus untuk menjaga berat badan dan juga menjaga kesehatan kulit. Kacang ini juga dapat digunakan sebagai antiperadangan, sehingga dapat membantu seseorang terhindar dari proses penuaan dini.

#3. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat kacang polong lainnya juga diketahui dapat membantu menjaga kesehatan mata kita. Kacang ercis yang baru dipetik dalam kondisi dibekukan mengandung vitamin c yang sangat tinggi, dan juga beberapa vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh. Selain itu, kacang polong juga mengandung senyawa karotenoid atau beta karoten yang dapat berfungsi menjadi vitamin A.

#4. Membantu Meningkatkan Massa Otot

Tingginya kandungan protein nabati didalam kacang polong dapat membantu membangun otot seperti asam glutamin dan asam amino. 100 gr kacang polong bersisi sembilan protein. Berbeda dengan protein nabati lainnya, protein yang terkandung dalam kacang polong tidak mengandung senyawa anti-nutrisi yang dapat menghambat penyerapan vitamin dan mineral selama proses pencernaan.

Protein dalam kacang ini juga cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan protein seseorang dalam sehari-hari. Bagaimana, cukup menakjubkan bukan manfaat kacang polong untuk kesehatan kita. Mari simak ulasan selanjutnya dibawah ini.

#5. Membantu Tulangmu Lebih Kuat

Diusia senja nanti, kamu pasti berharap memiliki tubuh yang kuat meski sudah tak muda lagi. Nah, salah satu bagian tubuh yang penting dijaga juga kesehatannya adalah tulang kita. Komposisi kacang polong ini mengandung sejumlah nutrisi vitamin A, B1, B6, C dan K yang dapat membantu melawan osteoforosis dan membangun tulang yang kuat. Dalam kacang polong juga terkandung senyawa folat yang dapat membantu masalah homosistin yang menjadi pemicu risiko osteoforosis.

#6. Terhindar dari Risiko Serangan Jantung

Khasiat kacang polong juga dapat membantu seseorang terhindar dari serangan kardiovaskular atau serangan jantung. Nutrisi antioksidan dan anti-inflamasi terutama kandungan omega 3 pada tanaman ini merupakan jenis lemak tak jenuh yang berbentuk asam alfa-linolenic, atau ALA penyakit lemak, atau kolesterol.

#7. Kaya akan Kandungan Vitamin K

Kacang polong juga diketahui kaya vitamin K dan bisa memberikan manfaat super untuk tulang. Sayuran ini baik untuk menangkal osteoporosis serta membantu menjaga kesehatan tulang lain dalam tubuh.

#8. Anti Kanker

Penelitian menunjukkan bahwa kacang polong baik untuk mencegah kanker perut. Mengonsumsi dua miligram kacang polong sehari diketahui efektif melawan kanker. Kenapa harus mengonsumsi obat-obatan jika bahan yang alami bisa membantu mencegah kanker?

#9. Mengontrol Gula Darah

Protein dan serat yang terdapat dalam kacang polong tak hanya baik untuk pencernaan, tetapi juga untuk menurunkan tingkat gula dalam darah. Jika Anda memiliki masalah dengan gula darah yang tinggi atau mudah melonjak, tak ada salahnya untuk lebih sering makan kacang polong.

Efek Samping Mengonsumsi Kacang Polong

Kenali juga beberapa efek samping mengonsumsi kacang polong atau kacang ercis dibawah ini untuk mengantisipasi munculnya beberapa penyakit seperti peradangan, kembung, diare dan gatal-gatal karena alergi. Simak selengkapnya dibawah ini.

Perut Kembung
Kacang polong sangat baik untuk kesehatan selain rendah kalori mereka juga mengandung berbagai nutrisi yang baik yang dibutuhkan tubuh kita, hanya saja mengandung senyawa oligosakarida, yang merupakan gula yang susah untuk dicerna, hal ini akan membuat perut harus bekerja ekstra, dan pada ketika membuat perut menjadi kembung.
Peradangan
Selain itu, bagi orang-orang yang sensitif, kacang bisa menghasilkan Alergi yang disebabkan oleh kacang polong, menurut MedlinePlus. tubuh tidak menguraikan protein aman, menciptakan sistem melawan protein kacang. antibodi IgEERE aliran darah dan memulai reaksi yang berakibat pada mast untuk menghasilkan tingkat histamin yang tinggi. Pengaruh umum peradangan pada jaringan.
Alergi dan Gatal-Gatal
Pola alergi protein kacang akan mencakup respons, kesulitan dan reaksi kulit, menurut MayoClinc.com. Kompas: bernapas bersama-sama, mengi, batuk, bersin, bergerak tersumbat, mata gatal dan iritasi tenggorokan. Sebuah protein alergi kacang dapat menyebabkan perut kram, muntah, menimbulkan gas, kembung dan diare. dan reaksi kulit termasuk gatal-gatal.

Itulah kesepuluh manfaat kacang polong bagi kesehatan tubuh kita yang patut kamu ketahui sebelum mengonsumsinya. Mengonsumsi makanan sehat tentu dapat membuat tubuh lebih kuat dari serangan berbagai virus berbahaya yang dapat membuat kamu jatuh sakit. Sama seperti kacang lainnya, manfaat kacang polong juga dapat diperoleh dengan cara dikonsumsi setelah dimasak.

Advertisements
Loading...
To Top