Connect with us

13 Manfaat Kacang Bagi Kesehatan Tubuh yang Amat Mengejutkan

13 Manfaat Kacang Bagi Kesehatan Tubuh yang Amat Mengejutkan

Sayuran

13 Manfaat Kacang Bagi Kesehatan Tubuh yang Amat Mengejutkan

Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan – Kamu pasti akrab dengan keluarga kacang yang satu ini. Ya, kacang hijau adalah satu jenis palawija yang menurut admin sangat ajaib. Kacang hijau memiliki banyak sekali manfaat penting untuk menunjang kesehatan tubuh kita.

Kandungan gizinya yang cukup baik dan kompleks memang sudah tidak diragukan lagi karena telah terbukti banyak dimanfaatkan dengan cara dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia dan di beberapa negara lainnya.

Untuk bisa mendapatkan manfaat yang terkandung didalam kacang ini kamu bisa menggunakan berbagai macam cara, diantaranya dimasak seperti dijadikan bubur atau dijadikan jus dengan cara dipadukan menggunakan bahan sehat lainnya. Mari kita simak secara lengkap informasinya dibawah ini:

Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan

#1. Manfaat Kacang Hijau untuk Jantung

Kesehatan jantung kita perlu dijaga, bisa kamu bayangkan jika jantung sudah berhenti berdetak, maka saat itulah akhir dari kehidupan kamu di dunia ini. Hindari penggunaan atau mengonsumsi makanan tak sehat, alkohol, merokok dan bahan-makanan yang tidak baik.

Namun, tahukah kamu jika didalam kacang hijau terkandung hampir 73% asam lemak tak jenuh serta 27% asam lemak jenuh? Ya, fakta ini ternyata telah diketahui oleh ahli gizi dan juga telah dipercaya jika dikonsumsi secara rutin dapat membantu kamu terhindar dari berbagai jenis penyakit mematikan seperti kardiovaskuler, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Manfaat Kacang-Kacangan untuk Kesehatan:

#2. Menurunkan Berat Badan

Buat kamu yang memiliki masalah berat badan karena mendambakan bentuk tubuh yang ideal, tentu berbagai macam cara akan kamu lakukan untuk bisa mendapatkannya bukan?

Dengan cara mengonsumsi kacang hijau, maka produksi hormon cholecystokinin dalam tubuh akan meningkat. Hasilnya, rasa kenyang akan terasa lebih lama. Hal ini tentu sangat membantu bagi kamu yang ingin menahan rasa lapar lebih lama dalam menjalani program diet.

Semakin banyak produksi hormon cholecystokinin maka semakin kecil keinginan kamu untuk ngemil dan makan berlebih di jam-jam kosong atau saat sedang bekerja.

#3. Manfaat Kacang Hijau Baik untuk Janin

Manfaat kacang hijau yang cukup mengejutkan adalah baik untuk kesehatan janin bagi kamu yang saat ini tengah mengandung. Salah satu jawabannya adalah karena kandungan asam folat, omega 3, omega 6 didalam kacang hijau yang cukup tinggi.

Seperti diketahui, asam folat merupakan senyawa yang sangat baik bagi perkembangan otak serta sistem syaraf pada janin. Nah, bagi kamu yang sedang mengandung, anjuran mengonsumsi kacang hijau sangat baik untuk membantu kesehatan janin kamu saat ini.

#4. Mengobati Anemia

Anemia adalah jenis penyakit yang kerap ditemui pada seseorang. Hal ini tentu berkaitan dengan pola dan gaya hidup tak sehat seseorang.

Nah, didalam kacang hijau ini terdapat kandungan zat besi yang cukup tinggi. Tak heran jika makanan ini juga dianjurkan oleh pakar gizi bagi mereka yang menderita anemia. Mengonsumsi kacang hijau dengan takaran yang cukup dan tepat dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah dan eritrosit didalam tubuh.

#5. Meremajakan Kulit

Kamu tentu mendambakan kulit wajah yang putih, mulus dan sehat berseri sepanjang hari. Untuk menempuhnya, kamu mungkin melakukan berbagai macam cara pengobatan dan perawatan di pusat kecantikan.

So, tidak ada salahnya kamu mencoba mengonsumsi kacang hijau. Kandungan vitamin D dan E yang cukup tinggi didalam kacang hijau ini diklaim mampu menjaga kelembapan kulit wajah, membantu menghaluskan, merawat dan menjaga kesehatan kulit secara alami dan tampa efek samping.

#6. Terhindar dari Kanker

Bahaya kanker telah menjadi momok yang sangat menakutkan bagi semua orang. Dan tentunya kamu pun tak ingin menderita penyakit mematikan satu ini bukan?

Nah, kandungan polyphenol dan oligosakarida didalam kacang hijiau ini terbukti efektid dalam mencegah munculnya kerusakan pada DNA serta mutasi sel yang dapat memicu berbagai jenis kanker. Tak hanya itu, kacang hijau juga dapat berperan sebagai anti-oksidan alami karena mengandung flavonoid, sehingga dapat menangkal berbagai jenis radikal bebas yang masuk dalam tubuh.

#7. Manfaat Kacang Hijau untuk Tulang

Tulang harus dijaga agar kita saat tua memiliki struktur tulang yang baik dan kuat. Kandungan fosfor serta kalsium pada kacang hijau diklaim sangat efektif untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Sehingga, mengonsumsi kacang hijau secara rutin dengan takaran yang tepat dapat membantu kamu terhindar dari risiko osteoporosis.

#8. Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Sistem penceranaan pada tubuh perlu dijaga sehingga dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit berbahaya akibat pencernaan tubuh. Nah, kandungan serat tinggi kacang hijau ini ternyata dapat membantu mengikat bahan kimia yang masuk secara lansung melalui makan dan minuman yang kita konsumsi didalam usus.

Selain itu, kandungannya juga dipercaya dapat melindungi serta menjaga fungsi selaput lendir pada usus besar.

#9. Membantu Merawat Kesehatan Rambut

Rambut adalah mahkota, bukankan demikian pepatah mengatakan. Kamu pastinya dong berharap bisa memiliki rambut sehat dan berkilau? Nah, jika kamu tak ingin rambut kesayanganmu rontok begitu saja, maka kamu juga disarankan untuk memperbanyak konsumsi kacang hijau.

Hal ini tentu karena kandungan senyawa zinc yang telah dipercaya mengendalikan produksi hormon pada kulit kepala yang tentu berkaitan dengan kesehatan serta pertumbuhan rambut kamu.

#10. Kacang Hijau Baik untuk Mata

Bukan cuma wortel yang baik untuk mata. Karena kandungan gizinya, kacang hijau juga baik untuk menjaga matamu tetap sehat. Hal ini berkat kandungan vitamin A didalam kacang yang identik dengan warna hijau satu ini.

Seperti diketahui, vitamin A sangat baik untuk menjaga kelembapan kornea kamu, serta membantu menurunkan risiko rusaknya retina, serta membantu dirimu terhindar dari kemunduran fungsi penglihatan di usia senja.

#11. Menjaga Tekanan Darah

Dari penelitian yang diterbitkan oleh The American Heart Association, tubuh dianjurkan untuk mendapatkan asupan 4700 kalium dalam setiap harinya. Kalium adalah elektrolit yang berguna untuk menetralkan efek sodium dan natrium, sehingga tekanan darah tinggi dapat diturunkan kembali.

Dan sebaliknya, bagi kamu yang memiliki tekanan darah rendah atau hipertensi, kacang hijau justru berperan dapat meningkatkan tekanan darah hingga normal kembali. Pada intinya, manfaat kacang hijau bagi tekanan darah adalah menjaganya tetap normal atau stabil.

#12. Mengandung Zat Besi Tinggi

Zat besi pada umumnya dapat didapatkan dengan cara mengonsumsi daging dan hati hewan. Dari sumber nabati, zat besi juga dapat ditemukan didalam kandungan sayuran bayam.

Jika kamu memiliki masalah asam urat, bayam sebaiknya tidak dikonsumsi karena dipercaya dapat memperparah kondisimu. Dan untuk mencegah anemia karena kekurangan zat besi, kacang hijau dapat menjadi pilihan yang tepat.

Bagi mereka yang vegetarian, memasukkan kacang hijau dalam daftar menu makanan dapat membantu mencegah risiko anemia atau kekurangan darah.

#13. Kacang Hijau Mengandung Protein Tinggi

Kacang hijau adalah makanan sumber protein yang sangat tinggi. Tubuh kita memerlukan asupan protein untuk membantu pertumbuhan dan meremajakan sel-sel. Protein tidak hanya didapatkan dari telur atau susu saja. Protein nabati juga bisa kamu temukan dalam kandungan kacang hijau.

Kacang hijau adalah palawija yang mengandung protein nabati sekitar 14 gr/cangkir. Maka mengonsumsi kacang hijau dapat kamu pertimbangkan sebagai sumber protein bagi tubuh.

Manfaat Kacang Hijau

Seperti telah kami singgung sedikit diatas, untuk bisa mendapatkan manfaat kacang hijau secara menyeluruh, kamu dapat menjadikan kacang hijau sebagai menu makanan sehat yang dapat dikonsumsi atau juga dijadikan sebagai minuman jus. Cara membuat jus kacang hijau juga terbilang sangat mudah dan dapat dicoba sendiri dirumah.

Mari manfaatkan kacang hijau untuk menjaga kelangsungan kesehatan organ tubuh, salah satunya adalah jantung yang menjadi organ paling penting didalam tubuh. Semakin sehat jantung kita, maka kita dapat dengan mudah mengonsumsi, dan melakukan aktivitas rutin lainnya. Indeks Artikel

Advertisements
Loading...
To Top