Connect with us

25 Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan Mengobati Penyakit Ringan dan Berat

25 Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan Mengobati Penyakit Ringan dan Berat

Sayuran

25 Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan Mengobati Penyakit Ringan dan Berat

Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan – Salah satu tumbuhan yang amat fenomenal menurut admin adalah kacang tanah, dimana keluarga kacang panjang ini sangat banyak digunakan sebagai bahan makanan termasuk kue dan sayur yang nikmat untuk disantap setiap hari. Banyak hidangan yang menggoda selera siapa saja yang dibuat hanya menggunakan kacang tanah dan kombinasi sayur, daging atau rempah-rempah sehat lainnya. Ini baru segelintir manfaat kacang tanah yang mungkin kita kenal selama ini.

Lebih luas lagi, manfaat kacang tanah tentu dapat diketahui dengan meneliti lebih detail tentang kandungan gizi yang ada didalam kacang tanah. So, berikut beberapa kandungan yang dapat kamu ketahui dari kacang tanah yang amat mengejutkan ini.

Kandungan Gizi Kacang Tanah

Kacang tanah dan juga jenis kacang lainnya pada umumnya mengandung banyak nutrisi yang amat baik untuk tubuh. Nutrisinya bahkan diketahui setara dengan kacang kedelai atau soya. Jika ditakar menggunakan cangkir atau mangkuk, berikut kandungan gizi kacang tanah:

  • 828 kalori (8% dari kebutuhan harian)
  • 72 gram lemak (110% dari kebutuhan harian)
  • 37 gram protein (73% protein dari kebutuhan harian)
  • 24 gram karbohidrat (8% dari kebutuhan harian)
  • 12 gram serat (19% dari kebutuhan harian)
  • 10 gram lemak jenuh (50% dari kebutuhan harian)

# Lemak Pada Kacang Tanah

Kacang tanah mengandung lemak yakni sekitar 19 persen lemak jenuh dan 81 persen berasal dari lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Lemak jenuh dapat meningkatkan kolesterol dan kontribusi terhadap diabetes 2 dan penyakit arteri. Namun, lemak tak jenuh bekerja terbalik yakni menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko diabetes 2 dan arteri koroner.

# Mineral Pada Kacang Tanah

Satu cangking kacang tanah mengandung 58% magnesium, 44% fosfor, 43% seng, 37% zat besi, 22% kalium, dan 100% kalsium. Kandungan mineral pada kacang tanah baik untuk kesehatan tulang, gigi, pembentukand arah, menjaga kelangsungan metabolisme, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

# Vitamin Pada Kacang Tanah

Kacang tanah mentah mengandung 110% dari asupan makanan untuk niacin, 88% folat, 81% vitamin E, 78% tiamin, 30% vitamin B-6 dan 15% riboflavin. Kandungan vitamin ini membantu melindungi vitamin A dan C dalam tubuh kita, mengontrol nafsu makan, menjaga kesehatan kulit, dan menjaga sistem pencernaan.

Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan Mengobati Penyakit

Kamu dapat memanfaatkan kacang-kacangan, termasuk kacang tanah sebagai camilan yang lebih sehat dibanding kue kering dan makan lainnya seperi cokelat, keripik atau pun kue tart. Jika dikonsumsi dengan tepat, makanan ini mengandung vitamin E, asam folat, protein, serat, magnesium, lemak tak jenuh tunggal, serta kaya akan antioksidan. Kandungan nutrisi ini justru berperan mengurangi risiko penyakit jantung.

#1. Kacang Tanah Baik untuk Ibu Hamil

Manfaat kacang tanah baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Terutama diawal kehamilan. Kandungan nutrisi, terutama asam folat kacang tanah memberikan pencegahan terhadap bayi lahir dalam kondisi cacat.

Bagi wanita hamil, mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang merah dan kacang hijau dapat membantu dalam proses perkembangan bayi.

#2. Mengurangi Depresi

Kacang tanah mengandung asam amino essensial dengan kandungan tryptophan yang dapat membantu merangsang sorotonin mengendalikan mood untuk tetap baik. Efek tryptophan menjadi anti depressant dan jika dikombinasikan dengan manfaat cokelat, dapat berkolaborasi memberi perasaan tenang dan menyenangkan.

#3. Mencegah Risiko Empedu

Satu ons kacang tanah saja jika dikonsumsi secara rutin setiap minggu dapat menurunkan risiko dari batu empedu atau penyakit kandung empedu hingga 25%. Demikian seperti dikutip dari laman manfaat.co.id baru baru ini.

#4. Mengurangi Risiko Kanker Usus

Kacang, terutama kacang tanah dapat mengurangi risiko kanker usus terutama bagi wanita. Setidaknya, jika dikonsumsi 2 sendok selai kacang tanah dua kali dalam satu minggu dapat membantu mengurangi risiko kanker usus besar hingga 58%, pun demikian pada pria hingga 27% membantu menjaga kesehatan usus Anda.

#5. Baik untuk Menjaga Berat Badan

Siapa sih yang tidak ingin memiliki berat badan dan bentuk tubuh ideal. So, kamu pasti sudah melakukan banyak cara untuk menjaganya bukan.

Bagi wanita, kacang tanah jika dikonsumsi baik dalam bentuk selai kacang selama dua kali dalam seminggu dapat membantu terhindari dari obesitas.

#7. Manfaat Kacang Tanah untuk Jantung

Kacang tanah yang dikonsumsi dalam jumlah dan takaran yang tepat dapat menjaga kesehatan jantung. Dari sejumlah penelitian ditemukan dalam kandungan kacang tanah tingginya asam oleat yang ramah terhadap jantung, menurunkan risiko kardiovaskuler yang menyebabkan serangan jantung koroner.

Dalam hal ini, penyajian kacang tanah lebih dianjurkan dikonsumsi dengan cara direbus atau di kukus bukan digoreng.

#6. Manfaat Kacang Tanah Sebagai Teman Diet

Kacang tanah atau groundnut sebenarnya termasuk dalam kelompok legume dan tidak sama dengan kacang-kacangan yang berasal dari pohon atau tree nuts (misalnya almond, kacang mete, dan kenari). Namun, karena memiliki nutrisi yang hampir sama, kesemuanya biasa dikenali sebagai kacang-kacangan (nuts). Berikut manfaat kacang tanah untuk menjaga berat badan (diet):

  1. Bahan ini mengandung ahan ini mengandung vitamin E, asam folat, protein, serat, magnesium, lemak tak jenuh tunggal, serta kaya akan antioksidan. Kandungan nutrisi ini justru berperan mengurangi risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian menemukan bahwa risiko sakit jantung pada orang yang mengonsumsi 140 gram kacang-kacangan atau lebih per minggu menurun sebanyak sekitar 35 persen.
  2. Berperan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi kandungan kolesterol jahat.
  3. Mencegah pengerasan arteri serta membantu melebarkan pembuluh darah.

#10. Manfaat Kacang Tanah Bagi Kecantikan

Dikonsumsi adalah hal lumrah karena memang rasa kacang tanah menjadi favorit penduduk dunia, baik itu di sangrai, di rebus, atau dijadikan bahan camilan sehat lainnya.

Manfaatnya tidak hanya memenuhi kebutuhan rasa lapar saja, mengonsumsi kacang juga dapat membantu kulit menjadi lebih halus, terasa lebih lembut dan nampak lebih cerah. Berikut beberapa manfaat kacang untuk kulit:

  1. Asam lemak yang terdapat dalam kacang dapat mengurangi pembengkakan dan kemerah pada kulit
  2. Kacang mengandung vitamin E, seng, dan magnesium, yang menjaga kulit tetap bersinar dari dalam dan menekan bakteri yang menyebabkan jerawat.
  3. Kandungan protein dalam kacang juga membantu regenerasi sel kulit.
  4. Kacang tanah mengandung sejumlah asam lemak yang diyakini penting untuk sel saraf otak. Sel otak ini akan membantu mengontrol stres dan perubahan suasana hati, mencegah gangguan kulit seperti keriput, garis halus dan nampak kusam.
  5. Serat dalam kacang-kacangan ssangat penting untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Racun yang dapat menyebabkan kulit menjadi kusam dan minyak berlebih.
  6. Kacang mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan rambut.
  7. Asam lemak omega 3 yang terkandung didalam kacang bermanfaat untuk memperkuat folikel kesehatan kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut.
  8. Kacang adalah makanan sumber arginin, yaitu asam amino yang sangat membantu mengobati masalah kerontokan rambut kepala. Zat ini juga dapat memperkuat dinding untuk aliran darah. Aliran darah yang semakin lancar membuat rambut semakin sehat dan kuat.

Tips Memanfaatkan Kacang Sebagai Camilan Sehat

Cara mendapatkan manfaat yang terkandung didalam kacang tentu dapat dikonsumsi dengan cara diolah yang baik dan benar. Mengonsumsi secara benar dan tidak berlebih juga sangat dianjurkan dalam hal ini. Berikut beberapa tips untuk memanfaatkan kacang-kacangan sebagai camilan sehat.

  1. Kacang, termasuk groundnut adalah makanan yang dapat dengan mudah dikonsumsi tanpa takaran. Kamu mungkin saja bisa tidak sadar menghabiskan satu toples kacang. Akibatnya kalori dalam tubuhmu semakin tertimbun. Terdapat sekitar 160-200 kalori dalam setiap 28 gram kacang, meski jenis kalori ini hampir semua berasal dari kandungan lemak tak jenuh tunggal. Ini adalah jumlah yang disarankan tiap hari. Angka ini kurang lebih setara dengan satu genggaman tangan.
  2. Untuk menghindari konsumsi yang berlebih, ambillah kacang seperlunya dengan mangkok kecil dan makanlah secara perlahan sehingga kamu dapat mengontrol berapa banyak kacang yang telah kamu habiskan.
  3. Masukkan kacang dalam wadah plastik kecil sebagai kudapan untuk dibawa seperti ketika kamu sedang dalam perjalanan atau bekerja di kantor. Usahakan dalam satu hari untuk menghindari konsumsi berlebih jangan melebihi wadah yang telah disiapkan.
  4. Kacang tanah memang camilan sehat yang jauh lebih murah dibanding camilan lainnya. Kamu dapat menikmati manfaat kacang tanah tidak hanya dalam bentuk aslinya saja, kamu dapat mengonsumsi dalam bentuk selai. Oleskan selai kacang dengan makanan sehat seperti apel atau roti gandum saat sarapan atau makan.
  5. Kacang juga dapat ditaburkan ke dalam sereal untuk sarapan pagi anak dan keluarga, yogurt rendah lemak, salad, atau juga eskrim rendah lemak.
  6. Jika kamu lebih suka kacang rebus, kamu dapat memanggangnya terlebih dahulu selama 5-10 menit di dalam oven.

Hindari mengonsumsi secara langsung kacang tanah pada balita untuk menghindari tersedak. Berikan kacang hanya jika telah ditumbuk secara halus. Waspadai juga kemungkinan alergi, terutama jika keluarga Anda memiliki riwayat alergi kacang.

Advertisements
Loading...
To Top