Connect with us

25 Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan Tubuh

25 Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan Tubuh

Kesehatan

25 Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan Tubuh – Beruntunglah kita tinggal di Indonesia, negara didunia yang memiliki banyak sekali tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai sayuran untuk dikonsumsi menjadi masakan yang sehat untuk tubuh. Kondisi tanah yang subur, membuat Indonesia memiliki beragam sayuran yang dapat dikonsumsi secara berbeda setiap hari. Salah satunya adalah kacang panjang.

Salah satu manfaat kacang panjang yang paling fenomenal adalah perannya yang dapat membantu jantung pada tubuh kita menjadi lebih sehat. Dan tentunya hal ini tidak terlepas dari kandungan gizi dan vitamin lainnya yang ada pada kacang panjang.

Beberapa diantara manfaat dan kandungan gizi kacang panjang dapat Anda temukan dalam artikel kesehatan yang akan Terurai.com bagikan pada kesempatan kali ini. Namun yang pasti, sudah tidak heran lagi jika kamu dapat menemukan beragam masakan atau kuliner lezat yang disajikan oleh para koki berbahan dasar kacang panjang yang diolah dengan campuran menu lainnya.

Kandungan Gizi Kacang Panjang

Tak hanya kacang panjang, keluarga kacang-kacangan memang dikenal cukup banyak mengandung gizi yang baik untuk mengoptimalkan kesehatan tubuh manusia. Dari hasil penelitian yang dilakukan, kacang panjang dan kacang-kacangan mengandung vitamin B1, B2, fosfor, zat besi riboflavin, zat besi, pektin, dan serta yang semuanya adalah kombinasi penting untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan Tubuh

Sama seperti bahan makanan, buah dan sayuran lainnya, beberapa penderita penyakit juga tidak dianjurkan untuk mengonsumsi kacang panjang terkait efek samping dari kandungan didalamnya. Namun, berikut ini kami hadirkan rincian lengkap manfaat kacang panjang untuk kesehatan yang dapat kita pelajari:

#1. Menangkal Radikal Bebas

Dari penelitian ditemukan adanya kandungan vitamin C yang cukup baik didalam kacang panjang. Manfaatnya dari vitamin C sendiri tidak terlepas dari perannya yang dapat mencegah kerusakan sel-sel dan anggota tubuh lainnya karena serangan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh baik itu karena makanan yang kita konsumsi setiap hari.

#2. Membuat Tidurmu Semakin Nyenyak

Buat kamu yang memiliki masalah pada tidur didalam hari, kamu dapat mencoba mengonsumsi kacang panjang. Salah satu penyebab gangguan tidur dikarenakan kurangnya asupan magnesium pada tubuh kita. Dengan mengonsumsi kacang panjang dapat membantu memenuhu kebutuhan magnesium tubuh serta menenangkan otak serta meningkatkan proses relaksasi.

#3. Menjaga Kesehatan Kulit

Banyak seseorang yang mengeluhkan kesehatan kulitnya. Penyebabnya, bisa saja karena kurangnya asupan vitamin C sehingga nampak tanda-tanda penuaan dini atau keriput. Asupan vitamin c sangat diperlukan dalam hal ini.

Untuk memenuhinya, Anda dapat dengan cara mengonsumsi kacang panjang. Kandungan vitamin c yang ada didalam kacang panjang sangat baik untuk pembuluh darah, tendon, ligamen, dan juga merawat kesehatan kulit Anda.

#4. Membantu Jantung Tetap Sehat

Sebagai organ tubuh yang paling penting, kamu jangan sampai lupa merawat dan menjaga kesehatan jantungmu. Usahakan mengonsumsi makanan rendah lemak, sehat dan rajin berolahraga setiap hari secara rutin.

Menurut penelitian, mengonsumsi kacang panjang dapat mengurangi terjadinya penyakit jantung atau stroke karena kacang panjang mengandung asam folat yang cukup tinggi yang dapat membantu menurunkan kadar homostein.

#5. Melawan Kolesterol Jahat

Manfaat kacang panjang lainnya juga dapat dijadikan sebagai penangkal kolesterol jahat yang ada didalam tubuh. Seperti diketahui, kolesterol jahat dapat mengakibatkan efek yang tidak terduga bagi tubuh. Kancang panjang mengandung sera larut dan tidak larut.

Makanan yang mengandung banyak serat ini dapat membantu  menghilangkan kolesterol jahat yang ada didalam tubuh kita.

#6. Bersahabat dengan Mata

Manfaat penting yang tidak kalah mengejutkan dari kacang panjang adalah dapat membantu menjaga kesehatan mata. Mungkin selama ini kamu hanya menganggap wortel saja yang baik untuk mata kan. Bahkan, kandungan vitamin yang ada didalam kacang panjang juga mampu mencegah penyakit katarak pada mata dan glaukoma.

Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan

Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan 

Sumber: manfaat.co.id

#7. Mencegah Diabetes

Sama menariknya dengan keluarga kacang-kacangan lainnya, kacang panjang juga baik dalam hal mengontrol kadar gula darah berlebih untuk mencegah diabetes. Kacang panjang juga rendah kalori dan gula sehingga aman buat kamu yang memiliki masalah terhadap kadar gula.

#8. Mencegah Osteoforosis

Kacang Panjang mengandung vitamin K yang cukup tinggi dan salah satu manfaatnya adalah membantu mencegah terjadinya osteoforosis. Kandungan Vitamin K yang ada dalam kacang panjang dapat memenuhi 20% kebutuhan harian vitamin K pada tubuh.

#9. Baik untuk Pencernaan

Kandungan serat atau fiber yang ada dalam kacang panjang dapat memberikan efek yang baik pada sistem pencernaan dan untuk memperlancar sekresi yang menghindarkan masalah penceranaan seperti sembelit atau penyakit lain yang lebih berbahaya seperti kanker usus besar.

#10. Menjaga Kesehatan Tulang

Kesehatan tulang perlu dijaga, dan manfaat kacang panjang yang sangat mengejutkan adalah dapat membantu menjaga kesehatan tulang kita. Vitamin K dan kandungan mangan yang ada didalam kacang panjang sangat efektif untuk menjaga dan menjadikannya tetap kuat sampai tua.

Kandungan Gizi Kacang Panjang

Kandungan Gizi Kacang Panjang

#11-25. Manfaat dan Kandungan Kacang Panjang 

Seperti sedikit kami singgung diatas, manfaat kacang panjang untuk kesehatan tentu tidak terlepas dari kandungan gizi dan vitamin didalamnya. Vitamin dan kombinasi gizi didalamnya dapat berperan penting menjaga kelangsungan sistem pencernaan, mencegah anemia, katarak, mengontrol gula darah, dan menjaga kesehatan jantung. Berikut manfaat kacang panjang berdasarkan kandungan gizinya:

Vitamin K

  1. Menjaga kesehatan jantung
  2. Mencegah kanker
  3. Mencegah osteoporosis
  4. Mencegah alzheimer
  5. Mencegah diabetes

Mangan

  1. Produksi kesehatan tulang
  2. Membantu menjaga kesehatan kulit
  3. Mengontrol gula darah
  4. Mencegah radikal bebas
  5. Mencegah epilepsi

Serat

  1. Melancarkan pencernaan
  2. Mencegah sembelit
  3. Menjaga berat badan
  4. Mencegah stroke
  5. Kesehatan kulit

Vitamin C

  1. Mencegah katarak
  2. Menjaga kesehatan kulit
  3. Mencegah kesulitan bernafas
  4. Mencegah serangan jantung dan stroke
  5. Meningkatkan kelancaran sistem peredaran darah
  6. Mencegah stress

Asam Folat

  1. Mencegah anemia
  2. Nutrisi untuk otak
  3. Meningkatkan produksi sel darah merah
    Sintesis DNA dan RNA
  4. Membantu pembelahan dan pembagian sel
  5. Sangat penting untuk wanita hamil

Vitamin B2

  1. Mencegah katarak
  2. Mencegah migrain dan sakit kepala
  3. Sumber Energi
  4. Mencegah anemia
  5. Sebagai antioksidan

Tembaga

  1. Mencegah osteoporosis
  2. Mencegah anemia
  3. Membantu kesehatan janin (ibu hamil)
  4. Mencegah pigmentasi kulit
  5. Mencegah kelainan tiroid

Vitamin B1

  1. Mencegah gangguan metabolisme
  2. Mencegah kelainan pada otak
  3. Mencegah osteoporosis
  4. Menjaga sistem imun
  5. Mencegah katarak
  6. Mencegah gangguan ginjal

Magnesium

  1. Menjaga kesehatan tulang
  2. Baik untuk diabetes
  3. Menjaga kesehatan jantung

Dengan mengonsumsi kacang panjang dengan cara diolah secara baik melalui beberapa resep masakan yang sederhana saja, kamu sudah bisa merasakan begitu banyaknya manfaat kacang panjang. Meski demikian, sama seperti sayuran lainnya, ada beberapa penderita penyakit yang memang secara langsung tidak dianjurkan untuk mengonsumsi kacang-kacangan, termasuk kacang panjang.

Advertisements
Loading...
Continue Reading
You may also like...
To Top