Connect with us

4 Manfaat Cuka Sari Apel untuk Kesehatan yang Mengejutkan!

4 Manfaat Cuka Sari Apel untuk Kesehatan yang Mengejutkan!

Kesehatan

4 Manfaat Cuka Sari Apel untuk Kesehatan yang Mengejutkan!

Manfaat Cuka Sari Apel untuk Kesehatan – Cuka sari apel (Apple Cider Vinegar) atau ACV adalah sejenis cuka yang dibuat dari apel yang telah melalui tahap fermentasi. Warna cuka ini biasanya berwarna kuning. Cuka sari apel banyak digunakan juga dalam dunia kesehatan karena bermanfaat menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Tak hanya itu, cuka sari apel juga banyak digunakan untuk membantu para ibu membersihkan rumah serta mencuci berbagai jenis perabotan dan sayuran. Dapat dikatakan, ini adalah bahan dengan seribu manfaat untuk manusia. Menariknya, cuka sari apel juga dapat dijadikan sebagai campuran untuk membuat salad, dressing serta banyak lagi lainnya makanan yang dibuat menggunakan sari buah ini.

Manfaat Cuka Sari Apel

Manfaat cuka sari apel banyak ragamnya. Dua diantara adalah untuk membuat perut lebih lama terasa kenyang sehingga sangat baik dan berguna membantu seseorang yang sedang menjalani program diet atau menurunkan berat badan. Manfaat lainnya dari sari buah apel yang telah difermentasikan ini adalah untuk mengobati diabetes tipe 2. Berikut beberapa manfaat penting cuka sari apel untuk kesehatan.

1. Menurunkan Berat Badan

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Bioscience, Biteknologi, dan Biokimia dinyatakan jika mengonsumsi cuka sari apel setiap hari dapat membantu menurunkan berat badan, mengurangi lemak tubuh, mengecilkan lingkar pinggang, menurunkan trigliserida darah.

Penelitian yang juga diikuti oleh peserta dari Jepang itu ditemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 1 sendok makan cuka sari apel selama tiga bulan berat badan turun 1.1 kilogram, dan mereka yang mengonsumsi 2 sendok makan ACV turun 1.6 kilogram dalam jangka waktu yang sama.

2. Penghancur Lemak

Sebuah studi di Perancis pada tahun 2016 lalu ditemukan adanya gangguan sistem metabolisme yang disebabkan karena diet tinggi lemak berhasil digagalkan dengan mengonsumsi cuka sari apel. Cuka sari apel memberikan efek kenyang yang lebih lama.

3. Membantu Menurunkan Kolesterol

Manfaat cuka sari apel lainnya juga dapat membantu menurunkan kadal kolesterol jahat (LDL). Penelitian yang diterbitkan oleh Pakistan Journal of Biological Sciences, diet menggunakan cuka sari apel terbukti mengalami penurunan kolesterol LDL yang cukup signifikan. Cuka sari apel juga terbukti menaikkan kolesterol HDL yang cukup baik.

4. Membantu Merespon Insulin

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Diabetes Care- Jurnal Peer-Reviewed yang diterbitkan oleh American Diabetes Association, ACV secara signifikan membantu menurunkan glukosa darah dan merespon insulin serta meningkatkan sensivitas insulin sebanyak 19-34 persen ketika dikonsumsi sebagai bagian dari karbohidrat tinggi.

Penderita diabtes tipe 2 biasanya mengalami gangguan resistensi insulin atau ketidakmampuan tubuh memproduksi insulin, menghasilkan gula darah tinggi. Mengonsumsi cuka sari apel dapat membantu menggagalkan timbulnya penyakit.

5. Meningkatkan Kesuburan Pada Wanita

Manfaat cuka sari apel lainnya juga dapat meningkatkan kesuburan pada wanita. Dari sebuah studi kecil yang diikuti oleh 7 wanite Jepang yang mengalami sindrom ovarium polikistik (PCOS) yang tidak memiliki siklus menstruasi yang normal menunjukkan bahwa menelan ACV dapat meningkatkan kesuburan. Setelah mengonsumsi sekitar satu sendok makan ACV setiap hari selama 90-110 hari, 4 dari 7 wanita tersebut mendapatkan kembali siklus menstruasi.

Itulah manfaat cuka sari apel atau ACV untuk kesehatan yang dapat kami bagikan melalui postingan artikel kali ini. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan untuk kita semua dan semoga dapat memberikan manfaat. Simak juga artikel kami: 171 Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan yang Tak Banyak Diketahui

Advertisements
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top