Connect with us

171 Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan yang Belum Diketahui

171 Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan yang Belum Diketahui

Sayuran

171 Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan yang Belum Diketahui

Manfaat Daun Bawang – Daun bawang tidak hanya dapat digunakan sebagai campuran untuk menambah rasa sedap pada sebuah makanan dan masakan saja, lebih dari itu daun bawang bermanfaat untuk mengobati berbagai jenis penyakit dalam dunia kesehatan yang telah banyak diketahui oleh masyarakat.

Manfaat daun bawang tentu tidak terlepas dari banyak kandungan gizi didalamnya yang memiliki peran penting untuk menunjang daya kekebalan tubuh. Sehingga, selain rasa sebuah makanan menjadi lebih sedap dan nikmat, daun bawang juga terbukti secara efektif dapat mencegah berbagai jenis penyakit berbahaya.

Apa Saja yang Terkandung Dalam Daun Bawang?

Sebelum mengupas lebih detail tentang manfaat daun bawang untuk kesehatan, tidak ada salahnya Anda mengetahui terlebih dahulu kandungan apa saja yang ada didalam daun bawang yang membuatnya sangat berarti dalam dunia kesehatan dan juga kecantikan. Berikut daftar kandungannya yang perlu anda ketahui:

  • Kalori
  • Protein
  • Vitamin A, retinol, beta karoten, vitamin c, vitamin e, vitamin k, thiamin, niasin, vitamin B6, asam folat, vitamin B12,
  • Karbohidrat
  • Mineral (Kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium, tembaga, seng, mangan, selenium)

Ragam Manfaat Daun Bawang

Meski nama daun bawang sangat familiar, selama ini mungkin ibu-ibu dirumah dan sebagian dari Anda menganggap jika daun bawang hanya berguna untuk menambah rasa suatu masakan saja. Faktanya, lebih dari itu manfaatnya sangat komplit dan nampaknya daun bawang boleh direkomendasikan sebagai bahan untuk menu masakan sehari-hari.

Obat Herbal Anemia

Salah satu manfaat daun bawang yang tidak boleh dianggap enteng adalah dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi masalah penyakit anemia. Daun bawang mengandung zat besi yang dapat membantu meningkatkan produksi sel darah dalam tubuh.

Bagi Anda yang saat ini sedang mengalami sakit anemia, boleh dicoba mengonsumsi daun bawang. Sebab, daun bawang mengandung ferroportin yang menyimpan zat besi yang cukup tinggi.

Membantu Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Pentingnya daun bawang untuk kesehatan tubuh adalah membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini tentu tidak terlepas dari kandungan allicin, yakni senyawa belerang. Fungsinya zat ini sama seperti kandungan vitamin c pada jeruk.

Menjaga Jantung Tetap Sehat

Serangan jantung adalah momok mematikan bagi sebagian orang. Siapapun ingin jantungnya tetap sehat dan terhindar dari penyakit jantung. Nah, daun bawang ternyata mengandung polisulfida yang dapat melindungi jantung. Selain itu, sayuran hijau ini juga mengandung mangan, dan mineral dapat mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

Daun Bawang Baik untuk Menjaga Kekuatan Tulang

Kandungan gizi yang ada didalam daun bawang seperti vitamin K ternyata diketahui berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Vitamin K berfungsi membantu regulasi sel dan mencegah demineralisasi tulang. Vitamin K juga dapat membantu produksi protein tulang osteocalcin, yang berfungsi menjaga kepadatan mineral tulang.

Manfaat Daun Bawang Baik bagi Ibu Hamil

Ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi baik untuk menjaga kesehatan bayi didalam rahim serta tubuh ibu hamil sendiri. Kebutuhannya dua kali lipat dibanding seseorang yang tidak hamil. Memanfaatkan daun bawang dipercaya sangat baik untuk mengoptimalkan perkembangan janin. Sebab, daun bawang mengandung asam folat yang cukup tinggi sehingga membantu proses pembekambangan sang bayi dalam janin ibu hamil.

Manfaat Daun Bawang Membantu Sistem Pencernaan

Daun bawang juga dipercaya dapat membantu sistem pencernaan tubuh manusia. Hal ini tentu tidak terlepas dari kandungan serat daun bawang yang cukup tinggi yang berperan penting membantu sistem perncernaan tubuh kita. Cara mengonsumsi daun bawang sendiri sangat beragam, bisa dikonsumsi sebagai campuran masak seperti sop, soto, sayuran berkuah, atau dicampur dengan bahan makanan lainnya untuk dikonsumsi manfaatnya.

Obat Alami Penyakit Cacingan

Anak-anak kita sering kali terkena pernyakit cacing yang dapat menghambat proses tumbung kembangnya. Hal ini terjadi karena anak-anak kurang menjaga pola hidup bersih. Efeknya, biasany anak susah makan, lebih suka jajan, serta menurunnya daya fisik sang anak sehingga terlihat kurus.

Untuk memanfaatkan daun bawang sebagai obat alami pembasmi cacing pada anak sangatlah mudah. Caranya, campurkan potongan daun bawang pada makanan atau masakan. Lalu berikan makanan tersebut pada buah hati Anda.

Daun Bawang Baik untuk Kesehatan Jantung

Setiap orang mendambakan memiliki jantung sehat, terlapas dari keinginan tersebut, kerap kali tidak sesuai dengan pola gaya hidup sehari-hari yang secara tidak langsung membuat kesehatan jantung terganggu. Nah, manfaat daun bawang ini ternyata sangatlah luar biasa. Bagaimana tidak? Sebab, daun bawang diketahui dapat berguna menjaga kesehatan jantung.

Diketahui, daun bawang mengandung cycloalliin, yakni senyawa yang berguna dalam menjaga kesehatan jantung dengan cara mengencerkan darah sehingga mencegah terjadinya penggumpalan darah pada tubuh kita.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun bawang bermanfaat menjaga sistem kekebalan tubuh pada anak. Ini disebabkan karena daun bawang dapat berfungsi sebagai antioksidan karena mengandung kemferfol dan quercetin. Dimana kedua senyawa ini dapat membantu meningkatkan sistem imunitas pada tubuh secara keseluruhan. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan daun bawang sebagai campuran makanan dan masakan agar sistem kekebalan tubuh pada anak Anda tetap baik.

Vitamin untuk Mata

Daun bawang mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Dimana kandungan gizi ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata Anda. Nah, bagi Anda yang memiliki masalah pada kesehatan mata terutama pada penglihatan, daun bawang direkomendasikan dikonsumsi secara rutin tiap hari.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat selanjut dari daun bawang adalah meningkatkan kualitas tidur seseorang. Oleh sebab itu, manfaat yang ada didalam daun bawang ini dapat Anda gunakan bagi Anda yang memiliki masalah dengan tidur. Seperti diketahui, semakin berkualitas tidur seseorang, maka dipagi hari tubuh Anda terasa lebih segar dan bugar. Manfaat daun bawang juga diketahui dapat meringankan rasa depresi pada seseorang.

Baca juga: 15 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan yang Tak Banyak Diketahui Orang

Mencegah Penuaan Dini

Selain untuk kesehatan, daun bawang juga bermanfaat untuk kecantikan. Sudah banyak negara-negara Asia yang menggunakan daun bawang sebagai bahan untuk suatu produk kecantikan salah satunya produk yang berguna untuk mencegah penuaan dini. Kandungan antioksidan didalam daun bawang dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak kesehatan kulit, terutama di area wajah. Sehingga kulit wajah Anda akan terhindar dari jerawat, komedo, berfungsi juga untuk melembapkan dan meremajakan kulit.

Oleh karena itu, daun bawang bermanfaat sekali untuk dunia kecantikan terutama untuk mencegah penuaan dini seseorang. Nah, jika Anda ingin tampil tetap maksimal, Anda pun direkomendasikan untuk mengonsumsi daun bawang secara rutin setiap hari.

Mencerahkan Kulit

Seperti yang telah kami katakan sedikit diatas, daun bawang memang tidak hanya dapat menyulap rasa masakan menjadi lebih sedap karena aromanya yang luar biasa. Manfaatnya untuk dunia kesehatan juga sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Tak hanya itu, manfaat daun bawang juga baik untuk dunia kecantikan. Salah satunya menjaga kesehatan dan mencerahkan kulit.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin memiliki penampilan yang lebih sehat berkat kulit wajah yang lebih cerah dan sehat, tidak ada salahnya Anda mengonsumsi daun bawang sebagai campuran masakan setiap hari.

Menghilangkan Jerawat

Jerawat sering kali mengganggu penampilan seseorang. Nah, manfaat daun bawang ini juga sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia untuk menghilangkan jerawat yang membandel dan sulit dihilangkan. Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengecilkan Pori-Pori Besar Terbukti Ampuh dan Efektif

Daun Bawang Baik untuk Rambut

Manfaat mengejutkan dari daun bawang untuk kecantikan lainnya adalah dapat digunakan untuk kesehatan rambut. Nah, bagi Anda yang memiliki masalah pada rambut kepala seperti rambut kurang sehat dan mudah rontok, tidak ada salahnya Anda mencoba menggunakan daun bawang

Demikian informasi seputar manfaat daun bawang untuk kesehatan dan kecantikan yang selama ini telah banyak digunakan oleh masyarakat luas di Indonesia. Untuk dapat merasakannya, tidak Ada salahnya Anda mencobanya. Semoga bermanfaat. Indeks Artikel Terbaru

Advertisements
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top