Connect with us

10 Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan yang Belum Diketahui

10 Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan yang Belum Diketahui

Herbal

10 Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan yang Belum Diketahui

Manfaat Biji Selasih – Anda yang sedang mencari tahu manfaat biji selasih tentunya tidak asing lagi dengan buah mungil satu ini. Buah ini biasanya berwarna hitam kecil dan dikelilingi dengan warna putih dibagian luarnya. Ini adalah tumbuhan terna yang paling banyak dimanfaatkan bagian buah, daun serta bijinya.

Biji selasih memiliki nama ilmiah ocimum. Rasanya langu, manis, harum dan juga menyegarkan. Pada umumnya, biji selasih digunakan sebagai campuran es buah. Saat bulan Ramadhan tiba, biasanya banyak sekali es-es yang dijual di pinggir jalan yang telah dicampuri dengan biji selasih. Selain terlihat lebih menarik, es biji selasih juga memiliki rasa yang sangat nikmat dan menyegarkan.

Dari kandungan yang telah diketahui didalamnya, biji selasih banyak dimanfaatkan untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Tak hanya itu, biji selasih juga bermanfaat untuk dunia kecantikan, yakni dapat membantu melembutkan dan melembapkan kulit wajah Anda secara alami dan efektif. Berikut beberapa kandungan dari biji selasih atau kemangi:

  • Vitamin C
  • Eugenol
  • Tymol
  • Metal eugenol.

Jika daun kemangi banyak digunakan sebagai lalapan, maka biji selasih banyak dimanfaatkan untuk dunia kesehatan karena khasiatnya yang sangat beragam. Hal ini tentu tidak terlepas dari kandungan ada pada keduanya. Berikut ini kita akan bahas secara lengkap manfaat biji selasih untuk kesehatan yang mungkin selama ini Anda dan semua orang belum mengetahuinya.

1. Biji Selasih Bermanfaat Mengurangi Efek Nikotin

Tidak hanya bijinya, daun selain juga berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh terutama untuk meminimalisir efek negatif dari nikotin yang dihisap dari rokok.

2. Biji Selasih Bermanfaat Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfat biji selasih lainnya juga dapat membantu sistem kekebalan tubuh sehingga kita tidak mudah terserang penyakit. Hal ini tentu tidak terlepas dari kandungan vitamin C yang cukup tinggi dari biji selasih. Tak hanya itu, ia juga mengandung antioksidan yang cukup baik.

3. Obat Herbal Perut Kembung

Biji selasih mengandung efek karminatif, yakni efek yang dapat membantu menyembuhkan berbagai jenis masalah pada pencernaan, diantaranya perut kembung, keram perut, sulit BAB, atau sembelit.

Cara mengobati radang lambung menggunakan biji selasih adalah sangat mudah. Ambillah 5gr biji selasih, rebus bersama air 200cc, lalu masukkan 1 sdm madu murni. Konsumsi rebusan ini selagi masih hangat di pagi hari dan malam hari untuk mendapatkan manfaatnya.

4. Manfaat Biji Selasih Mengobati Batuk

Biji selasih juga bermanfaat meredakan batuk. Hal ini karena kandungan antispasmodik yang ada didalam biji selasih yang juga sering digunakan untuk menyembuhkan batuk rejan. Cara menggunakan biji sangatlah mudah untuk mengobati batuk, yakni dengan cara dicampur dengan secangkir teh, lalu diminum.

5. Obat Stres

Biji memiliki efek menenangkan dan memperbaiki suasana hati seseorang. Ia bahkan mampu menyembuhkan kelelahan, saraf yang tegang, obat migrain, dan menurunkan depresi seseorang. Biji kemangi ini juga sering digunakan sebagai aromaterapi.

6. Biji Selasih Bermanfaat Mengatasi Masalah Pernafasan

Untuk mengatasi masalah pada pernafasan menggunakan biji selasih atau kemangi adalah mencampurkannya pada minuman jahe dan ditambah dengan madu. Ramuan herbal ini bermanfaat mengatasi masalah pada pernafasan seperti asma, dan juga bronkitis. Cara membuat ramuan herbal obat bronkitis atau asma ini sangatlah mudah. Rebuslah biji selasih dan jahe beberapa saat. Kemudian dinginkan air rebusan biji selasih dan jahe tersebut. Saring, dan campurkan madu murni secukupnya lalu konsumilah ramuan herbal ini secara teratur pagi dan malam hari agar asma dan bronkitis Anda reda.

7. Bermanfaat untuk Menyembuhkan Luka dan Infeksi

Manfaat biji selasih juga dapat menyembuhkan luka dan infeksi kulut. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan minyak alami yang saat ini telah banyak dijual di toko-toko obat atau apotek.

8. Biji Selasih Bermanfaat Menurunkan Kada Gula

Selanjutnya, biji selasih juga bermanfaat utnuk menurunkan kadar gula dalam darah tubuh kita. Seperti diungkapkan oleh Sutter Gould Medical Foundation, biji selasih dapat membantu menormalkan kadar gula pada darah pada pasien diabetes tipe 2. Tak hanya itu, biji selasih juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan makan seseorang jika digunakan secara teratur.

9. Menguatkan Tulang

Manfaat penting lainnya dari biji berwarna hitam ini adalah mengandung anti inflamasi yang menyembuhkan sakit arthritis. Kandungan kalsium didalamnya berguna untuk meningkatkan kepadatan tulang, serta mencegah tulang keropos (osteoporosis).

10. Manfaat Biji Selasih untuk Kecantikan

Manfaat biji selasih juga dapat dirasakan oleh sebagian orang dalam dunia kecantikan. Seiring dengan berkembangnya teknologi saat ini, biji selasih telah dikenal luas dapat membantu masalah pada kesehatan wajah. Diantaranya:

  • Mampu menghaluskan dan melembabkan kulit pada wajah
  • Mampu menghilangkan garis halus
  • Mampu mengatasi kantung pada mata
  • Dapat mencegah timbulnya jerawat di wajah
  • Dapat mengecilkan perut yang buncit

Itulah informasi tentang manfaat biji selasih yang dapat kami bagikan untuk Anda pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini dapat membantu menambah wawasan Anda dalam dunia kesehatan, obat herbal, kecantikan, dan mengatur gaya hidup yang lebih sehat. Simak juga artikel terbaru lainnya dari kami disini⇒.

Advertisements
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top