Connect with us

Keratitis Acanthamoeba (Infeksi Mata), Penyebab dan Cara Mengobati

Keratitis Acanthamoeba (Infeksi Mata), Penyebab dan Cara Mengobati

Penyakit

Keratitis Acanthamoeba (Infeksi Mata), Penyebab dan Cara Mengobati

Keratitis Acanthamoeba adalah infeksi mata. Penyakit ini disebabkan oleh parasit acanthamoeba. Parasit ber sel satu ini biasanya hidup bebas di tanah, air, dan udara. Parasit ini dapat dengan mudah menginfeksi mata dan kemudian menimbulkan peradangan pada kornea atu keratitis.

Infeksi mata ini pada umumnya terjadi pada seseorang yang sering menggunakan kontak lensa atau softlens. Hal ini disebabkan karena penyimpannya yang tak bersih dan cara penggunaan yang salah. Jika keratitis acanthamoeba tidak segera ditangani dengan baik, maka dapat menimbulkan luka para kornea dan mengakibatkan kebutaan bahkan pengangkatan dari bola mata.

Gejala Keratitis Acanthamoeba

Keratitis acanthamoeba atau infeksi mata adalah penyakit yang harus diwaspadai, terutama bagi Anda yang sering menggunakan kontak lensa atau softlens. Cara pemakaian yang tidak benar atau penyimpanan yang kurang baik dapat memicu terkena penyakit ini. Meski tidak mematikan, namun infeksi mata dapat menyebabkan kebutaan. Berikut beberapa gejala infeksi mata yang terjadi pada umumnya:

  • Nyeri hebat pada mata yang terinfeksi.
  • Produksi air mata berlebih.
  • Rasa silau berlebihan ketika berada di ruangan terang atau saat melihat cahaya.
  • Penurunan tajam penglihatan.

Apa yang Harus Dilakukan

Untuk mengetahui infeksi mata ini memang agak sulit dilakukan, sebab terkadan tertukar dengan keratitis yang disebabkan oleh virus atau bakteri lainnya. Langkah mengobati infeksi mata ini, biasanya dokter akan melakkan pemeriksaan kultur yakni dengan mengambil sampel jaringan mata untuk dilihat dibawah mikroskop. Dengan demikian, dokter dapat mendiagnosa dengan pasti apakah peradangan kornea yang terjadi akibat acanthamoeba.

Apakah Infeksi Mata Dapat Disembuhkan?

Infeksi mata akibat bakteri acanthamoeba tentu saja dapat disembuhkan. Namun, dalam mengobati infeksi mata ini diperlukan penanganan yang cepat dan tepat. Semakin lama terdeteksi, maka akan semakin kecil kemungkinan penglihatan dapat kembali sempurna.

Obat yang digunakan adalah obat tetes mata kombinasi antara golongan biguanid dan diamidin. Pada dua hari pertama penggunaan obat, obat diberikan setiap jam sepanjang hari (siang dan malam). Kemudian pengobatan dilanjutkan dengan pemberian obat tetes tersebut setiap jam pada siang hari selama beberapa minggu. Pengobatan ini dapat berlangsung selama 6 bulan.

Cara Pencegahan Infeksi Mata Acanthamoeba

Guna mencegah terkena infeksi mata akibat acanthamoeba dapat dilakukan dengan cara secara rutin menjaga dan membersihkan kontak lensa Anda. Namun, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan, diantaranya:

  • Pastikan tangan Anda dalam kondisi bersih. Cucilah tangan Anda kemudian keringkan dengan kain ersih sebelum memegang lensa kontak atau softlens.
  • Cucilah lensa kontak Anda dengan larutan pencuci khusus. Awali menggosok lensa dengan jari Anda secara perlahan, kemudian bilan dan rendam lensa kontak dalam larutan tersebut.
  • Jangan gunakan lensa kontak saat berenang atau sebelum berendam dalam air panas.
  • Jangan pernah mencuci lensa kontak dengan air keran atau menggunakan air mineral
  • Lepas dan ganti lensa kontak Anda secara berkala
  • Cuci tempat lensa kontak Anda menggunakan cairan khusus yang telah disediakan, kemudian keringkan sebelum digunakan untuk menyimpan lensa.

⇒ Baca Juga: Cara Mudah Mengobati Wasir, Ambeien Paling Ampuh dengan Bahan Alami Tanpa Harus Operasi

Lensa kontak atau softlens memang kerap digunakan sebagai alternatif bagi mereka yang memiliki gangguan pada penglihatan. Bahkan, lensa kontak juga kerap kali digunakan untuk mempercantik gaya penampilan seseorang, karena terdapat beragam pilihan warna lensa yang dapat mengubah warna pupil mata. Meski demikian, Anda tetap harus berhati-hati karena lensa kontak dapat menyebabkan infeksi pada mata, salah satunya karena disebabkan oleh bakteri atau parasit acanthamoeba. Meski tidak mematikan, namun infeksi ini dapat mengakibatkan kebutaan dan pengangkatan kornea dari bola mata.

Demikian informasi tentang Keratitis Acanthamoeba atau Infeksi Mata yang dapat kami bagikan untuk Anda. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda. Silahkan baca artikel terbaru seputar informasi kesehatan dan kecantikan dari kami disini 

Advertisements
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top