Connect with us

10 Cara Alami Membuat Gigi Putih Bersih dan Cemerlang

10 Cara Alami Membuat Gigi Putih Bersih dan Cemerlang

Kecantikan

10 Cara Alami Membuat Gigi Putih Bersih dan Cemerlang

Gigi putih cemerlang tentu menjadi dambaan setiap orang. Namun, karena tuntutan gaya hidup sering kali kita mengonsumsi berbagai jenis makanan dan minuman yang ternyata dapat memicu gigi menjadi kuning dan kusam. Alhasil, penampilan Anda saat tersenyum menjadi terganggu karena kurangnya rasa percaya diri.

Nah, untuk meningkatkan rasa percaya diri, Anda bisa mengatasinya dari hal-hal kecil, seperti merawat wajah dan juga gigi Anda agar tetap sehat. Terlebih, gigi adalah bagian penting dari mulut. Mulut dan gigi yang sehat, tentu membuat makanan yang kita konsumsi pun menjadi sehat.

Penyebab Gigi Kuning

Ada banyak penyebab gigi kuning, dan tentunya itu semua tidak terlepas dari gaya hidup kita saat ini. Berbagai jenis makanan dan minuman yang mengandung pewarna buatan juga bisa menjadi pemicu gigi berbubah warna dan tidak sehat.

1. Alkohol

Kebiasaan buruk mengonsumsi minuman beralkohol juga dapat memicu gigi menguning. Bahkan, sudah diketahui bahwa banyak minum alkohol juga dapat merusak kesehatan tubuh kita. Jika Anda ingin hidup sehat, dan gigi tetap putih bersih, hindarilah minuman beralkohol.

2. Kopi

Kopi mengandung kafein yang amat tinggi. Kandungan inilah yang sering kali menjadi gigi menjadi kuning. Apalagi, jika minum kopi sudah menjadi hobi dan kebiasaan yang sulit ditinggalkan. Hal ini tentu dapat menjadikan gigi menjadi hitam.

3. Merokok

Rokok membahayakan kesehatan. Tak hanya diri sendiri, orang lain yang ada disekitar pun akan terganggu kesehatanya karena asap rokok yang dihisap. Sementara untuk gigi, rokok dapat merusak kesehatan gigi karena mengandung nikotin yang juga diketahui dapat menyebabkan gigi menjadi kuning dan kusam.

4. Malas Menggosok Gigi

Kebiasaan buruk malas menggosok gigi juga dapat menyebabkan gigi kuning. Sebab, sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi akan mengendap dan membuat gigi menjadi kuning dan menjadi karang yang sulit hilang. Jika Anda ingin gigi tetap sehat, maka rajin-rajinlah menggosok gigi minimal 2 kali dalam sehari.

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dan Cepat

Cara memutihkan gigi alami dan cepat dapat dilakukan dirumah dengan bahan-bahan yang tentunya sudah terbukti dapat membantu gigi tetap putih dan sehat. Meski sebenarnya, Anda sendiri dapat pergi ke dokter atau membeli obat pemutih gigi, namun tentunya harus mengeluarkan biaya yang cukup lumayan agar hasilnya maksimal.

Tidak ada salahnya Anda mencoba cara alami untuk memutihkan gigi. Sebab, bahan-bahan alami yang digunakan tentu tidak menimbulkan efek samping dapat merusak kesehatan bagian lain. Simak beberapa caranya dibawah ini:

1. Arang

Arang memiliki sifat alkali yang berfungsi untuk mengikis dan menghilangkan noda kuning pada gigi Anda. Arang memang terlihat seperti kotor, namun penggunaan dengan skala kecil tidak akan berdampak negatif pada tubuh.

Cara memutihkan gigi dengan arang:

  1. Siapkan arang batok kelapa
  2. Tumbuk sampai halus, lalu diayak
  3. Campur bubuk tersebut dengan 1 sdm air perasan lemon
  4. Gunakan sebagai pasta gigi

2. Cuka apel

Cuka apel bermanfaat sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Anda dapat membelinya di toko-toko kesehatan atau juga di beberapa toko penyedia bahan-bahan kue.

Cara memutihkan gigi dengan cuka apel:

  1. Siapkan 1 sdm cuka apel dan gelas air
  2. Campur 2 bahan tersebut sampai merata
  3. Gunakan cotton bud untuk mengoleskan pada gigi

3. Minyak kelapa

Selanjutnya, Anda bisa mencoba memutihkan gigi secara alami menggunakan minyak kelapa. Berikut cara membuatnya:

  1. Siapkan minyak kelapa dan baking soda
  2. Campur ke dua bahan tersebut hingga berbentuk pasta
  3. Gunakan sebagai pasta gigi

4. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh sering kali digunakan untuk obat sakit gigi. Yang lebih mengejutkan, minyak cengkeh ternyata juga dipercaya dapat membantu gigi putih secara alami tanpa efek samping. Cara adalah dengan mengoleskan minyak cengkeh pada gigi yang terlihat kusam atau kuning. Jika ingin hasil yang maksimal, lakukan cara ini secara rutin setiap hari.

5. Siwak

Siwak dikenal dalam dunia Islam. Yang lebih mengejutkan, siwak juga dikenal sebagai obat herbal untuk menjaga kesehatan mulut. Fungsi dari siwak sendiri dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada gigi dan mulut, mengikis plak yang sulit dihilangkan, mencegah gigi berlubang, serta memutihkan gigi secara alami jika dilakukan secara rutin.

Cara memutihkan gigi menggunakan siwak:

  1. Oleskan batang siwak bersih yang telah ditumbuk halus pada gigi secara merata
  2. Bisa juga mencampurnya dengan air hingga berbentuk pasta
  3. Kemudian menggunakannya sebagai pasta gigi

6. Daun sirih

Jangan anggap sepele daun satu ini. Sebab, sudah sejak zaman dahulu daun sirih terbukti ampuh sebagai cara alami untuk memutihkan gigi. Nenek dan kakek Anda mungkin sering kali mengunyah sesuatu hingga mulutnya berwarna merah. Sebenarnya, mereka sedang mengunyah daun sirih. Daun sirih dipercaya dapat memperkuat gigi dan menghentikan pendarahan pada gusi.

Bahkan, daun sirih juga bermanfaat untuk menghilangkan bau tak sedap pada mulut serta terbukti secara alami memutihkan gigi. Mungkin, karena baunya yang sedikit memang tak sedap, cara ini banyak dianggap kuno oleh sebagian orang.

Cara memutihkan gigi dengan daun sirih:

  1. Anda bisa menggunakannya dengan cara dikunyah atau merebusnya kemudian digunakan untuk berkumur.
  2. Bisa juga dengan ditumbuk lalu oleskan pada gigi secara merata

Baca Juga: Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan dan Kecantikan

7. Daun salam

Daun salam punya banyak manfaat, bahkan daun ini sangat familiar dikalangan ibu rumah tangga karena sering kali digunakan untuk penyedap masakan didapur. Lebih dari itu, daun salam ternyata juga dapat membantu mulut dan gigi tetap sehat.

Daun salam memiliki kandungan minyak atsiri, sitral, tannin, flavonoid, metal kavikol, vitamin A, B, C, D, kalsium, zat besi, kalium dan magnesium. Gabungan dari berbagai jenis zat-zat inilah yang ampuh saat digunakan untuk memutihkan gigi yang telah kusam,

Cara memutihkan gigi dengan daun salam:

  1. Tumbuk halus daun salam
  2. Campurkan dengan air hingga berbentuk pasta
  3. Gunakan sebagai pasta gigi

9. Kulit jeruk

Kulit jeruk tidak hanya bisa digunakan sebagai masker wajah alami untuk mencerhkan kulit yang telah kusam dan berjerawat. Kandungan zat pektin dan juga minyak atsiri didalam kulit jeruk juga dapat berguna untuk memutihkan gigi secara alami dan cepat. Caranya adalah dengan mengeringkan kulit jeruk hingga benar-benar kering dibawah sinar matahari, kemduian tumbuk hingga halus lalu campurkan kedalam air hingga berbentuk pasta. Gunakan pasta dari kulit jeruk ini sebagai pasta gigi setiap pagi dan malam hari.

10. Kulit pisang

Kulit pisang juga dapat digunakan untuk memutihkan gigi. Berikut caranya:

  1. Ambil kulit pisang yang sudah dibersihkan lebih dulu
  2. Gosok-gosokkan kulit pisang yang sudah bersih pada gigi Anda

11. Lemon

Lemon mengandung asam yang berfungsi sebagai alkali alami yang berguna untuk menyeimbangkan kadar pH dalam mulut. Lemon juga dapat berfungsi sebagai antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri yang menetap didalam mulut yang dapat memicu kuning menjadi gigi.

Cara memutihkan gigi dengan lemon:

  1. Peras 1 buah lemon
  2. Masukkan air perasan ke dalam segelas air hangat
  3. Gunakan untuk berkumur
  4. Lakukan 3 kali sehari agar bakteri benar-benar hilang
  5. Atau campurkan 1 sdm air perasan lemon dengan sejumput garam hingga berbentuk pasta lalu oleskan pada gigi

Selain beberapa cara diatas, sebenarnya Anda juga bisa mengembalikan warna gigi yang tak lagi putih bersih menggunakan beberapa bahan alami seperti jeruk nipis, buah stroberi, apel, pinang, susu, coklat, dan jahe. Namun, untuk hasil yang maksimal, fokuslah pada salah satu bahan saja. Jika cara yang Anda lakukan tak kunjung membuat gigi Anda putih, barulah coba cara lain yang alami. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan

Advertisements
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top