Connect with us

5 Masker Buah Segar Alami untuk Mencerahkan Wajah dan Cara Membuatnya,

5 Masker Buah Segar Alami untuk Mencerahkan Wajah dan Cara Membuatnya,

Kecantikan

5 Masker Buah Segar Alami untuk Mencerahkan Wajah dan Cara Membuatnya,

Masker buah adalah suatu metode alami yang digunakan oleh kaum hawa untuk memaksimalkan penampilan wajah karena manfaat masker buah alami dipercaya dapat dengan mudah membantu mencerahkan, memutihkan, dan menghaluskan kulit wajah. Bahkan, sejumlah pakar kecantikan pun banyak yang merekomendasikan bahan ini untuk membantu hasil perawatan para wanita masa kini.

Buah-buahan yang digunakan bukanlah buah sembarangan. Semuanya harus melalui uji coba terlebih dahulu agar tidak menimbulkan efek samping yang dapat merusak sel-sel kulit wajah. Buah yang digunakan biasanya mengandung beragam vitamin, mineral, dan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit wajah.

Nah, bagi Anda yang menginginkan kulit putih, bersih dan terbebas dari jerawat, tidak ada salahnya Anda mencoba menggunakan masker wajah dengan membuatnya sendiri dirumah. Kandungan antioksidan pada buah tertentu mampu melindungi kulit anda dari sinar Ultraviolet pada siang hari. Berikut beberapa masker buah yang dapat buat sendiri dirumah, rasakan pula khasiat dari masker buah yang segar dalam beberapa hari dengan penggunaan secara rutin.

5 Resep Masker Wajah dari Buah-Buahan

Anda bisa mencoba dan membuat masker sendiri di rumah Anda dengan bahan-bahan serta cara yang telah kami siapkan dibawah ini. Buah-buah yang digunakan tentunya dapat dibeli dengan harga yang relatif terjangkau dan mudah didapat dimana saja. Dengan membuat masker buah sendiri, Anda bisa merasakan manfaat seutuhnya dari masker tersebut. Berikut beberapa masker wajah rekomendasi dari kami:

Masker pepaya

Buah yang satu ini amat ramah di kehidupan manusia. Pepaya dapat tumbuh dimana-mana. Bahkan, buah pepaya sering dijadikan berbagai jenis minuman menyegarkan saat terik disiang hari. Pepaya mengandung banyak vitamin A dan enzim yang disebut papain. Enzim inilah yang berfungsi mengelupas kulit sehingga mampu menghilangkan semua sel-sel kulit mati di wajah.

Pepaya memiliki manfaat untuk relaksasi dan menenangkan kulit berjerawat. Buah cantik ini juga dapat membantu menghambat penuaan dini, menghilangkan garis dan kerutan diwajah, bekas luka, noda hitam, flek membandel, hingga mencerahkan dan melembabkan berbagai jenis kulit wajah yang terbukti sangat ampuh.

Berikut cara membuat masker wajah dari buah pepaya:

  1. Siapkan 2 potong buah pepaya dan 1 sendok teh madu
  2. Masukan pepaya dan madu ke dalam blender, kemudian campur keduanya sampai halus
  3. Setelah halus, oleskan secara merata ke seluruh wajah
  4. Diamkan selama 15 sampai 20 menit
  5. Setelah itu, bilas sampai bersih dengan air dan keringkan

Masker Alpukat

Tidak hanya nikmat dijadikan jus dengan campuran susu saja, buah alpukat juga dipercaya efektif membantu berbagai jenis masalah pada wajah, salah satunya melembabkan kulit dan menjaganya terhindar dari penuaan dini. Hal ini tentu tidak terlepas dari kandungan antioksidan alpha dan beta-karoten yang dapat menangkal radikal bebas sehingga kulit wajah terlindungi dari paparan sinar ultra violet yang dimiliki buah alpukat.

Cara membuat masker wajah dari alpukat: 

  1. Siapkan 1 buah alpukat dan 1 sendok makan madu
  2. Kupas alpukat dan pisahkan dengan bijinya
  3. Masukan alpukat dan madu ke dalam blender, dan campur keduanya sampai halus
  4. Oleskan secara merata ke bagian muka dan leher
  5. Diamkan sekitar 30 menit
  6. Setelah itu, bilas dengan air sampai bersih dan keringkan

Masker Pisang

Buah yang satu ini tentunya sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Ada banyak jenis pisang yang tumbuh dan biasa dikonsumsi masyarakat. Pisang memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan kulit, dua diantaranya adalah vitamin B6 dan vitamin C yang penting untuk menjaga kekencangan kulit.

Jika diaplikasikan secara langsung, tentu akan dapat lebih terasa dibanding dikonsumsi secara langsung. Berikut cara membuat masker wajah dari buah pisang:

  1. Siapkan ½ potong pisang, ½ sendok teh madu, dan 1 sendok teh lemon
  2. Masukan potongan pisang, madu, dan lemon ke dalam blender
  3. Setelah halus, oleskan secara merata ke seluruh wajah
  4. Diamkan selama 20 menit
  5. Setelah itu, bilas dengan air sampai bersih dan keringkan

Masker Tomat

Buah tomat cocok juga dijadikan jus yang menyegarkan di siang hari. Tak hanya itu, kandungan lycopene dalam tomat memiliki manfaat untuk membantu kulit menyerap lebih banyak oksigen yang tentunya tidak hanya menunda proses penuaan dini, tetapi juga melindungi kulit wajah dari paparan langsung sinar UV.

Manfaat masker tomat juga dapat mencegah timbulnya jerawat dengan menutup pori-pori yang terbuka. Berikut cara membuat masker wajah dari buah tomat:

  1. Siapkan 1 buah tomat, 1 sendok makan oatmeal, dan 1 sendok teh yogurt tawar
  2. Blender tomat sampai halus
  3. Tambahkan oatmeal dan yogurt ke dalam campuran tomat yang sudah diblender, lalu aduk secara merata
  4. Oleskan secara merata keseluruh wajah dan leher
  5. Diamkan sampai 10 menit dan bilas sampai bersih

Masker Kulit Jeruk

Jangan hanya makan buahnya saja, kulit jeruk juga dapat membantu Anda tetap tampil maksimal dan terhindar dari wajah kusam dan berjerawat. Pasalnya, kulit jeruk mampu membersihkan kulit dan membuka pori-pori yang tersumbat penyebab jerawat dan komedo.

Tak hanya itu, kulit jeruk juga dapat mengurangi produksi minyak berlebih di area wajah Anda loh. Berikut cara membuat masker wajah dari kulit jeruk:

  1. Siapkan 3 buah jeruk, 1 sendok makan yogurt tawar, dan 1 sendok teh madu
  2. Kupas jeruk lalu ambil kulitnya saja untuk dipotong kecil-kecil
  3. Cuci kulit jeruk sampai bersih
  4. Jemur potongan kulit jeruk di bawah sinar matahari selama 3 hari
  5. Setelah kulit kering, tumbuk sampai berbentuk bubuk halus
  6. Simpan bubuk kulit jeruk tersebut pada wadah yang bersih dan kering
  7. Ketika ingin dipakai, campurkan bubuk kulit jeruk dengan 1 sendok teh madu dan yogurt
  8. Oleskan pada kulit secara merata
  9. Diamkan selama 20 menit
  10. Bilas dengan air sampai bersih dan keringkan

Masker Timun

Mungkin ini salah satu masker wajah yang amat familiar dikalangan kaum hawa. Mentimun dipercaya karena manfaatnya yang beragam. Saat dijadikan masker wajah, mentimun dapat memberikan sensasi relaksasi dan melembutkan kulit. Buah yang kerap dijadikan lalapan saat makan ini juga berguna untuk membersihkan kulit dan membuka pori-pori yang terumbat.

Manfaat masker timun berguna untuk meremajakan kulit, menjadikan kulit terasa lebih segar, sehat, dan kembali bercahaya karena debu dan polisi yang menempel di area wajah. Berikut cara membuat masker wajah dari mentimun:

  1. Siapkan ½ potong timun, ¼ gelas susu, 1 sendok makan madu, dan 1 sendok makan gula merah
  2. Kupas timun dan blender sampai sedikit mengental
  3. Campurkan timun yang sudah diblender dengan susu, madu, dan gula merah
  4. Aduk secara merata
  5. Diamkan selama 20 menit
  6. Bilas dengan air bersih dan keringkan

⇒ Baca Juga: Manfaat Masker Stroberi untuk Kecantikan dan Cara Membuatnya

Memiliki wajah bersih, bersinar dan terbebes dari jerawat dan komedo tentunya dambaan setiap orang, dan tentunya Anda kaum wanita. Wajah yang sehat dan cerah tentu akan menambah rasa percaya diri Anda untuk tampil didepan umum. Nah, gunakan salah satu masker wajah dari buah-buahan seperti yang telah disebutkan diatas.

Selain lebih mudah dan praktis, menggunakan masker buah juga jauh lebih ekonomis dari segi biaya karena tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam seperti melakukan perawatan wajah menggunakan teknologi. Terlebih, jika dilakukan secara rutin, hasilnya pun akan maksimal seperti harapan Anda. Selamat mencoba!

Advertisements
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top